Mardiansyah, Mardiansyah (2021) Analisis Jarak dan Sudut Rudder Terhadap Kemampuan Thrust Kapal Perikanan 30 GT Menggunakan Metode CFD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D33114007_skripsi cover1.png
Download (91kB) | Preview
D33114007_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
D33114007_skripsi dp.pdf
Download (1MB)
D33114007_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Sebuah kapal dirancang berdasarkan tujuan dan fungsi masing-masing, begitu pula dengan kapal perikanan. Kapal perikanan umumnya dirancang dengan misi khusus (menemukan, menangkap dan melestarikan ikan), hal ini menjadikan kapal perikanan memiliki parameter desain yang berbeda dibanding dengan kapal niaga pada umumnya. Sebagaimana fungsi kapal perikanan dalam operasinya yaitu mengejar dan melingkari jaring (purse-seine) serta menangkap ikan menjadikan kemampuan manuver kapal perikanan sangat diperlukan dan kapal harus memliki konfigurasi sistem propulsi yang handal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jarak dan sudut rudder terhadap propeller untuk nilai thrust, lift, drag dan torque serta menentukan peletakan rudder terhadap propeller yang paling optimal pada kapal mengunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) dengan variasi jarak antara propeller dan kemudi serta sudut yang berbeda. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa jarak 20%D memiliki nilai thrust paling besar dibandingkan dengan jarak lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:18 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:18 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7366 |