Dardy, Irman (2025) Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik NeoSIA Terhadap Kepuasan Pengguna di Universitas Hasanuddin. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of E012222024_tesis_31-12-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222024_tesis_31-12-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E012222024_tesis_31-12-2024 cover1.jpg]](/43956/2.hassmallThumbnailVersion/E012222024_tesis_31-12-2024%20cover1.jpg)

E012222024_tesis_31-12-2024 cover1.jpg
Download (302kB) | Preview
![[thumbnail of E012222024_tesis_31-12-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222024_tesis_31-12-2024 dp.pdf
Download (664kB)
![[thumbnail of E012222024_tesis_31-12-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222024_tesis_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website NeoSIA terhadap kepuasan pengguna. Kategori kemudahan penggunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan sistem informasi akademik NeoSIA berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik random sampling. Responden yang berpartisipasi sebanyak 318 orang, yang terdiri dari 100 orang dosen dan administrator NeoSIA serta 218 orang mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Hasil penelitian setelah dilakukan uji statistik klasik berdasarkan masukan responden menunjukkan bahwa semua dimensi memenuhi kriteria untuk memprediksi hubungan antara dimensi kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini mendukung teori WebQual yang dikemukakan oleh Bames dan Vidgen yang terbukti relevan dalam implementasi Sistem Informasi Akademik NeoSIA. Dalam penelitian ini, dimensi kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (dosen, mahasiswa, dan staf administrasi). Hasil regresi linier berganda menghasilkan nilai konstan sebesar 5,364, yang berarti bahwa jika semua dimensi tetap tidak berubah (atau bernilai nol), tingkat kepuasan pengguna terhadap NeoSIA akan menjadi 5,364. Koefisien Kegunaan (X1) sebesar 0,056 menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam kualitas kegunaan akan meningkatkan kepuasan pengguna sebesar 5,60%. Koefisien Kualitas Informasi (X2) sebesar 0,153 menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam kualitas informasi akan meningkatkan kepuasan pengguna sekitar 15,30%, dan sebaliknya. Koefisien Kualitas Interaksi Layanan (X3) sebesar 0,238 menunjukkan bahwa setiap peningkatan 19% dalam kualitas interaksi layanan akan meningkatkan kepuasan pengguna sekitar 23,80%, dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:46 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:46 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43956 |