Saleh, Sadhriany Pertiwi (2024) ANALISIS DISRUPSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP PERGESERAN BUDAYA KORPORASI INDONESIA: Kasus Gojek, Tokopedia, dan Traveloka = Analysis Of Digital Communication Technology Disruption On The Shift In Corporate Culture In Indonesia: The Cases Of Gojek, Tokopedia, And Traveloka. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
E033211004_disertasi_10-09-2024 cover1.jpg
Download (284kB) | Preview
E033211004_disertasi_10-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (5MB)
E033211004_disertasi_10-09-2024 dp.pdf
Download (3MB)
E033211004_disertasi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.
Download (27MB)
Abstract (Abstrak)
Inovasi teknologi komunikasi digital menghadirkan sejumlah perubahan fundamental pada aspek eksternal korporasi di Indonesia. Perubahan eksternal mendorong sejumlah adaptasi internal korporasi, termasuk penyesuaian pada pola pikir, nilai, dan aspek kultural korporasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana disrupsi teknologi digital mengubah pemahaman budaya korporasi di Indonesia, dan bagaimana pergeseran budaya korporasi di Indonesia, tentang kemampuan mengatasi tantangan dan menjawab peluang di era disrupsi teknologi komunikasi digital. Penelitian ini juga menganalisis model disrupsi komunikasi teknologi digital terhadap pergeseran budaya korporasi Indonesia dengan studi kasus pada perusahaan Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa transformasi digital pada tiga korporasi berbasis digital; Gojek, Tokopedia dan Traveloka telah mentransformasi dan meredefinisi pemahaman budaya mencakup pergeseran nilai dan norma korporasi, pergeseran pada tipe dan orientasi korporasi, pergeseran pada efektivitas, efisiensi, model komunikasi eksternal dan pengambilan keputusan. Pergeseran budaya yang adaptif telah menjadikan Gojek, Tokopedia dan Traveloka sebagai portofolio perusahaan Indonesia yang berhasil menjadi perusahaan yang disruptive, namun pada saat yang bersamaan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Penelitian ini juga menemukan model disrupsi teknologi komunikasi digital terhadap pergeseran budaya korporasi di mana korporasi melalui sejumlah fase pergeseran budaya yang disebut model DIGITALISE atau Understanding Reinventing and Redefinition, Developing, Implementing, evaluating, improving, and Strengthening. Model ini memadukan sejumlah tahapan komprehensif dan diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana disrupsi teknologi komunikasi digital mengubah paradigma budaya korporasi di Indonesia. Model ini dikembangkan melalui studi kasus pergeseran budaya pada Gojek, Tokopedia dan Traveloka.
Kata Kunci : Disrupsi teknologi komunikasi digital, budaya korporasi, komunikasi korporat, komunikasi digital, pergeseran budaya korporasi.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital communication technology disruption, corporate culture, corporate communication, digital communication, corporate cultural shift |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 00:56 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 00:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40978 |