Dewi, Sinta (2024) Evaluasi Kepuasan Pengunjung Kawasan Wisata Rammang-Rammang = Evaluation of Visitor Satisfaction in the Rammang-Rammang Tourism Area. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
G011201102_skripsi_19-06-2024 cover1.png
Download (144kB) | Preview
G011201102_skripsi_19-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (372kB)
G011201102_skripsi_19-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (859kB)
G011201102_skripsi_19-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kunjungan wisatawan berdasarkan objek wisata Kabupaten Maros Tahun 2019-2020 tercatat bahwa jumlah wisatawan domestik maupun lokal terjadi penurunan. sektor pariwisata dinyatakan bahwa pada tahun 2022 jumlah pengunjung ke tempat wisata mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Meskipun kawasan wisata pada Kabupaten Maros mengalami peningkatan jumlah pengunjung, perlunya melakukan evaluasi kepuasan pengunjung tetap menjadi suatu aspek penting. Evaluasi ini bertujuan untuk memahami pengalaman pengunjung secara mendalam, memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan atau memperbaiki pelayanan, serta memastikan bahwa pertumbuhan jumlah wisatawan tidak berdampak negatif pada kualitas pengalaman yang dialami oleh wisatawan baik domestik maupun asing utamanya pada kawasan wisata Rammang-Rammang. Penelitian ini dilaksanakan September 2023 sampai November 2023 di Kawasan wisata Rammang-Rammang yang berada di Desa Selenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu: pengumpulan data (inventarisasi), Analisa dan sintesis. Pada tahapan analisis digunakan perpaduan metode analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penerapan konsep ekowisata dinilai cocok diterapkan pada
kawasan wisata Rammang-Rammang karena berbasis alam. Hasil perhitungan IPA adalah 3 atribut berada di kuadran I, 16 berada pada kuadran II, 10 berada pada kuadran III dan satu berada pada kuadran IV. Nilai CSI sebesar 0.68 atau kriteria puas.Rekomendasi perbaikan kegiatan pengelolaan setiap atribut pada Kawasan Rammang Rammang disusun berdasarkan konsep ekowisata yang diharapkan dapat menunjang terlaksananya kegiatan pariwisata sekaligus pelestarian objek wisata secara bersamaan.
Keywords : Rammang-Rammang, Kepuasan Pengunjung, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Ekowisata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rammang-Rammang, Kepuasan Pengunjung, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Ekowisata. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agroteknologi |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 05:37 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 05:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40271 |