PENERAPAN PERLINDUNGAN NASABAH DALAM MENJAMIN KESESUAIAN IDENTITAS SAAT TRANSAKSI PENARIKAN DANA = IMPLEMENTATION OF CUSTOMER PROTECTION IN ENSURING IDENTITY CONFORMITY DURING FUND WITHDRAWAL TRANSACTION


B. Soi, Andi Habibillah (2024) PENERAPAN PERLINDUNGAN NASABAH DALAM MENJAMIN KESESUAIAN IDENTITAS SAAT TRANSAKSI PENARIKAN DANA = IMPLEMENTATION OF CUSTOMER PROTECTION IN ENSURING IDENTITY CONFORMITY DURING FUND WITHDRAWAL TRANSACTION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B022211033_tesis_04-09-2024 cover1.jpg

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B022211033_tesis_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B022211033_tesis_04-09-2024 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B022211033_tesis_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip kehati-hatian, perlindungan dan tanggung jawab bank terhadap aset dan dana nasabah yang tersimpan di bank, dalam menjamin kesesuaian identitas saat melakukan transaksi penarikan dana. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, dengan menggunakan penentuan populasi dan sampel secara purposive sampling dengan pengambilan secara teknik sampling (random) kemudian melakukan pengumpulan data dengan metode wawancara beberapa bank di sulawesi selatan, untuk dijadikan bahan pertimbangan kelayakan regulasi dan mekanisme operasional bank dalam melakukan penarikan dana.
Hasil dari penelitian ini ialah (1) Penerapan prinsip kehati-hatian bank dalam memastikan identitas nasabah saat penarikan dana penting untuk meningkatkan kepercayaan nasabah dan melindungi konsumen. Prinsip ini harus diterapkan dengan disiplin karena berkaitan dengan keuangan dan aset nasabah, termasuk verifikasi data nasabah. Meskipun prinsip ini vital, masih ada kelemahan dalam teknis verifikasi karena regulasi yang ada belum memberikan perlindungan yang efektif. (2) Pertanggungjawaban perbankan terkait kelalaian dalam mengidentifikasi nasabah yang menimbulkan kerugian tentunya harus mempunyai kejelasan terhadap ganti rugi dan pendisiplinan pegawai oleh perbankan. Metode dalam mengidentifikasi masalah kiranya harus disertai pihak ketiga yaitu otoritas jasa keuangan selaku lembaga pelindung bagi nasabah agar pihak bank melakukan ganti rugi sesuai dengan nominal kerugian nasabah, dan harus ada regulasi terkait pertanggungjawaban bank yang sesuai proposionalnya dan lebih menitikberatkan pada tanggungjawab bank terhadap penarikan dana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Customer Protection, Prudential Principles, Withdrawal of Fund transactions, bank liability
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:09
Last Modified: 24 Sep 2024 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37830

Actions (login required)

View Item
View Item