Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi di Kabupaten Takalar = The Influence of Competency and Work Discipline on Employee Performance Through Motivation in Takalar Regency


Paturungi, Muh. Agung (2024) Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi di Kabupaten Takalar = The Influence of Competency and Work Discipline on Employee Performance Through Motivation in Takalar Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012221052_tesis_12-07-2024 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012221052_tesis_12-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012221052_tesis_12-07-2024 dp.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012221052_tesis_12-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Agung Paturungi. Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi di Kabupaten Takalar (dibimbing oleh Otto R. Payangan dan Hendragunawan).
Tugas pemerintah dalam hal pembangunan daerah maupun nasional sangat tergantung pada kemampuan dan kinerja dari aparatur negara khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan nasional, tentunya hal ini menyangkut sumber daya manusia sangat diperlukan karena PNS yang merupakan unsur aparatur negara yang bertugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Oleh sebab itu kompetensi, disiplin kerja dan motivasi dapat mempengaruhi kinerja pegawai yang sudah menjadi hal yang sangat penting bagi organisasi pemerintahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi di Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 pegawai yang berstatus PNS. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioneryang berisi pernytaan-pernytaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah structural equation modelling (SEM) yang di operasikan melalui Smart-PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kompetensi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap motivasi, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui motivasi.

Keywords : Kompetensi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Competency, Work Discipline, Employee Performance, Motivation.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:21
Last Modified: 30 Aug 2024 06:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35980

Actions (login required)

View Item
View Item