PERILAKU TEKAN, RESISTIVITY, DAN EMISI KARBON MORTAR YANG MENGANDUNG AIR LAUT, SILICA FUME, DAN SEMEN CAMPURAN = COMPRESSIVE BEHAVIOR, RESISTIVITY, AND CARBON EMISSIONS OF MORTAR CONTAINING SEA WATER, SILICA FUME, AND MIXED CEMENT


Mangontan, Gloria Arianti Soraya (2024) PERILAKU TEKAN, RESISTIVITY, DAN EMISI KARBON MORTAR YANG MENGANDUNG AIR LAUT, SILICA FUME, DAN SEMEN CAMPURAN = COMPRESSIVE BEHAVIOR, RESISTIVITY, AND CARBON EMISSIONS OF MORTAR CONTAINING SEA WATER, SILICA FUME, AND MIXED CEMENT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011201151_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011201151_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011201151_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011201151_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mempelajari perilaku tekanan dan emisi karbon dari campuran mortar yang mengandung air laut, silica fume, dan semen campuran. Mortar yang digunakan memiliki dimensi 5 × 5 × 5 cm, dan variasi campurannya meliputi mortar normal, mortar dengan air laut, serta mortar air laut dengan tambahan silica fume sebesar 5%, 7%, dan 10% terhadap berat semen. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian kuat tekan, resistivity, dan Ultrasonic Pulse Velocity (UPV). Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak penambahan silica fume dalam berbagai proporsi terhadap sifat-sifat mekanik dan emisi karbon dari mortar. Penggunaan air laut dan silica fume dalam konstruksi menjadi fokus utama penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap kekuatan tekan, resistivitas, dan cepat rambat gelombang, serta nilai emisi karbon dari campuran mortar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan silica fume dan air laut dalam campuran mortar menghasilkan nilai kuat tekan, resistivity, dan UPV yang lebih tinggi dibanding mortar normal. Selain itu, terdapat penurunan jumlah karbon yang dihasilkan oleh campuran mortar yang menggunakan air laut dan silica fume. Hal ini menandakan bahwa penggunaan bahan-bahan alternatif tersebut dapat membantu mengurangi emisi karbon, sehingga memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi penggunaan air laut dan silica fume dalam meningkatkan kinerja mekanik dan mengurangi dampak lingkungan dari campuran mortar. Informasi ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan material konstruksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan di masa mendatang.

Keywords : Mortar, Air Laut, Silica Fume, Semen Campuran, Kuat Tekan, Emisi Karbon, Resistivity, Ultrasonic Pulse Velocity (UPV)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mortar, Sea Water, Silica Fume, Mixed Cement, Compressive Strength, Carbon Emissions, Resistivity, Ultrasonic Pulse Velocity (UPV)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:21
Last Modified: 02 Aug 2024 06:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35595

Actions (login required)

View Item
View Item