KARAKTERISTIK PERGERAKAN PEJALAN KAKI PADA JALUR PEDESTRIAN DI SEKITAR JALAN LAYANG KOTA MAKASSAR = CHARACTERISTICS OF PEDESTRIAN MOVEMENT ON PEDESTRIAN PATH AROUND THE MAKASSAR CITY FLYING ROAD


Anindita, Astrid Ayodya (2023) KARAKTERISTIK PERGERAKAN PEJALAN KAKI PADA JALUR PEDESTRIAN DI SEKITAR JALAN LAYANG KOTA MAKASSAR = CHARACTERISTICS OF PEDESTRIAN MOVEMENT ON PEDESTRIAN PATH AROUND THE MAKASSAR CITY FLYING ROAD. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
P052192003_tesis_15-02-2024 Cover1.jpg

Download (227kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P052192003_tesis_15-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P052192003_tesis_15-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P052192003_tesis_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

ASTRID AYODYA ANINDITA : KARAKTERISTIK PERGERAKAN PEJALAN KAKI PADA JALUR PEDESTRIAN DI SEKITAR JALAN LAYANG KOTA MAKASSAR (Dibimbing Oleh Ihsan dan M. Ramli AT).
Permasalahan pada jalur pejalan kaki yang ada pada ruas jalan urip Sumoharjo di daerah Kota Makasar pada saat ini adalah dimensi dari lebar trotoar yang kecil untuk di lalui oleh beberapa orang 1-2 pejalan kaki beriringan pada saat berpapasan dengan orang lainnya dari arah yang berlawanan, sehingga hal ini hanya memberikan sedikit ruang untuk bergerak bagi pejalan kaki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pergerakan pejalan kaki yang berjalan di jalur pedestrian pada ruas jalan Urip Sumoharjo Sekitar Jembatan Layang Makassar ditinjau berdasarkan nilai arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang untuk pejalan kaki dan mengetahui hubungan antar variabel dari nilai arus, kecepatan, dan kepadatan dari karakteristik pergerakan pejalan kaki yang berjalan di jalur pedestrian pada ruas jalan Urip Sumoharjo Sekitar Jembatan Layang Makassar, mengetahui dimensi lebar trotoar yang dibutuhkan di jalur pedestrian pada ruas jalan Urip Sumoharjo Sekitar Jembatan Layang Makassar dan mengetahui tingkat pelayanan di jalur pedestrian pada ruas jalan Urip Sumoharjo Sekitar Jembatan Layang Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa karakteristik atau pergerakan para pejalan kaki yang sedang berjalan di pedesterian road ruas jalan sekitar tol layang Jl. Urip Sumoharjo Makassar tergolong kecil, dikarenakan data arus serta kepadatan pejalan kaki jika dirata-ratakan hanya mencapai 3-4 pedestrian/menit/m. Analisis yang di lakukukan berupa hubungan antar variabel yang telah diperoleh melalui suatu perhitungan menggunakan metode greenshield di pedestrian road di ruas jalan Tol layang jalan Urip Sumohardjo Makasar menunjukkan keterkaitan antar variabel arus, berupa kepadatan dan kecepatan.

Kata Kunci: Pergerakan Pejalan Kaki , Jalan Layang, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pedestrians Movement, Flyover, Makassar City
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Manajemen Perkotaan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:56
Last Modified: 08 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item
View Item