Gambaran Pengelolaan Pengetahuan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023 = An Overview of Knowledge Management at Hasanuddin University Hospital in 2023


Ghanus, Farhah Husain (2024) Gambaran Pengelolaan Pengetahuan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023 = An Overview of Knowledge Management at Hasanuddin University Hospital in 2023. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191141_skripsi_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191141_skripsi_21-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191141_skripsi_21-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191141_skripsi_21-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu intangible asset yang dimiliki oleh seluruh organisasi adalah pengetahuan. Berbagai macam pengetahuan harus dapat dikelola dengan baik. Pengelolaan pengetahuan adalah strategi organisasi dalam menciptakan, menyimpan, membagikan dan menggunakan pengetahuan. Rumah sakit adalah organisasi yang padat akan pengetahuan dan dituntut agar menerapkan sistem pengelolaan pengetahuan demi meningkatkan kualitas layanan, employee engagement, dan menciptakan inovasi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pengelolaan pengetahuan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin yang mendapatkan in house training di Rumah Sakit pada bulan April-Juni Tahun 2023. Besar sampel adalah 130 orang. Sampel diperoleh dengan teknik proportional sampling. Instrumen menggunakan kuesioner AKMI yang digunakan khusus untuk melihat gambaran pengelolaan pengetahuan di bidang kesehatan dan rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pengetahuan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin pada dimensi persepsi, motivasi internal, motivasi eksternal, penciptaan, berbagi, kerja sama, kepemimpinan, budaya, hambatan semua dalam kategori “sangat baik”. Peneliti menyarankan kepada pihak manajemen rumah sakit untuk memotivasi karyawan dalam praktik berbagi pengetahuan, menciptakan ruang untuk berbagi pengetahuan serta memberikan peluang promosi dan penghargaan bagi karyawan yang telah mengelolaa pengetahuan.

Keywords : Pengelolaan, Manajemen, Pengetahuan, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Knowledge Creating, Knowledge Sharing, Hospital.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:28
Last Modified: 05 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35096

Actions (login required)

View Item
View Item