Analisis Pemasaran Ikan Kerapu Sunu (Plectropomus Leopardus) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Kota Makassar = Marketing Analisis of Sunu Grouper Fish (Plectropomus Leopardus) at the Paotere Fish Landing Port (PPI), Makassar City


Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Analisis Pemasaran Ikan Kerapu Sunu (Plectropomus Leopardus) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Kota Makassar = Marketing Analisis of Sunu Grouper Fish (Plectropomus Leopardus) at the Paotere Fish Landing Port (PPI), Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041201062_skripsi_27-02-2024 cover1.png

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041201062_skripsi_27-02-2024 1-2.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041201062_skripsi_27-02-2024 dp.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041201062_skripsi_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Proses pemasaran dari produsen hingga konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentunya mengalami perbedaan harga. Hal tersebut disebabkan karena setiap pihak ingin memperoleh keuntungan. Ikan kerapu sunu (Plectropomus leopardus) merupakan salah satu kelompok ikan karang yang memegang peran penting dalam ekosistem terumbu karang baik secara ekologis, maupun secara ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran, besar biaya, margin, keuntungan, dan efisiensi pemasaran ikan kerapu sunu. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling yang dibedakan berdasarkan jenis pekerjaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa semakin panjang saluran pemasaran maka semakin tidak efisien. Didapatkan hasil bahwa lembaga pemasaran yang mengeluarkan biaya paling banyak yaitu pengecer II Rp7.648, biaya pemasaran paling sedikit dikeluarkan oleh pengepul darat sebesar Rp908. Margin pemasaran tertinggi pada saluran pemasaran pertama dengan total margin sebesar Rp70.000,- margin terkecil pada saluran pemasaran kedua yaitu Rp20.000,-. Keuntungan pemasaran terbesar pada saluran pemasaran pertama yaitu Rp65.789,-. Sedangkan keuntungan paling sedikit yaitu saluran pemasaran kedua Rp15.560,-. Saluran pemasaran ikan kerapu sunu yang ada di PPI Paotere dapat dikatakan efisien karena memenuhi kriteria yaitu <1%.

Keywords : Pemasaran, ikan kerapu sunu, keuntungan, efisiensi, PPI Paotere

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Sunu grouper fish, Profit, Efficiency, PPI Paotere
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:43
Last Modified: 26 Jun 2024 07:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34617

Actions (login required)

View Item
View Item