Gambaran Bauran Pemasaran di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023 = Overview of the Marketing Mix in the Inpatient Installation of Hasanuddin Univeristy in 2023


Fahsa, Anzakiyah Dwi (2024) Gambaran Bauran Pemasaran di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023 = Overview of the Marketing Mix in the Inpatient Installation of Hasanuddin Univeristy in 2023. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191186_skripsi_13-03-2024 cover1.png

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191186_skripsi_13-03-2024 1-2.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191186_skripsi_13-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191186_skripsi_13-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah Saat ini rumah sakit sebagai penyedia pelayanan kesehatan semakin banyak, baik rumah sakit negeri maupun swasta. Hal ini membuat persaingan antar rumah sakit menjadi sangat ketat, baik dalam negeri maupun dengan rumah sakit luar negeri. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, manajemen pemasaran merupakan upaya tepat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan utilitas jasa rumah sakit. Manajemen pemasaran yang baik memerlukan strategi pemasaran. Suatu strategi pemasaran dapat dilaksanakan apabila tersedia alat pemasaran, khususnya bauran pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran bauran pemasaran di Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat di Instalasi Rawat Inap pada bulan November Tahun 2023. Besar sampel adalah 98 orang. Instrumen menggunakan kuesioner yang digunakan untuk melihat gambaran bauran pemasaran di rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian responden terhadap bauran pemasaran mayoritas menilai dengan kategori baik sebesar 84,7% sedangkan responden yang menilai dengan kategori cukup hanya sebesar 15,3%. Dari tujuh dimensi bauran pemasaran yang diteliti, dimensi communication menjadi dimensi yang kategori “baik” nya paling rendah sedangkan dimensi caring paling tinggi Peneliti menyarankan agar rumah sakit meningkatkan kualitas promosi sosial media, menambahkan fitur yang lebih interaktif, meningkatkan penyebaran brosur, mengoptimalkan sosialisasi/edukasi kepada pasien terkait penggunaan telemedicine dan pendafataran secara online, dan meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana.

Keywords : Bauran Pemasaran, Manajemen Pemasaran, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Marketing Management, Hospital
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:04
Last Modified: 10 Jun 2024 06:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34425

Actions (login required)

View Item
View Item