Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Buah Pisang Cavendish = Factors Influencing Consumer Purchasing Decisions of Cavendish Bananas


Hidayatullah, Fajar (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Buah Pisang Cavendish = Factors Influencing Consumer Purchasing Decisions of Cavendish Bananas. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191047_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191047_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191047_skripsi_09-11-2023 DP.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191047_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pergeseran perilaku masyarakat Kota Makassar disebabkan oleh kesibukan sehingga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup sehat dengan cara mengkonsumsi buah-buahan. Buah yang banyak mengandung vitamin adalah pisang cavendish. Hal ini memicu permintaan buah-buahan meningkat sehingga dapat terjadi persaingan pasar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Telebih lagi konsumen pisang cavendish di Kota Makassar terdapat dari berbagai golongan, khususnya di Toko Makassar Buah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen buah pisang cavendish di Toko Makassar Buah, (2) menidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen buah pisang cavendish, (3) menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen buah pisang cavendish. Analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian ini yaitu karakteristik konsumen buah pisang cavendish berdasarkan usia berada pada usia 20-30, berdasarkan jenis kelamin yaitu perempuan, berdasarkan pekerjaan bekerja sebagai wiraswasta dan berdasarkan pendapatan berada pada Rp.2.500.000-Rp.4.000.000. Hasil regresi logistik biner, didapat bahwa variabel pengetahuan, motivasi, presepsi, rasa produk, kualitas produk, kemasan produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel ukuran produk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap keputusan pembelian.

Keywords : Pisang Cavendish, faktor mempengaruhi keputusan pembelian, regresi logistik biner

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cavendish bananas, factors influencing purchasing decisions, binary logistic regression
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:21
Last Modified: 19 Apr 2024 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item
View Item