Kalangie, Lea Lorena Modi Aprilolita (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERGESERAN PERILAKU KONSUMTIF RUANG PADA SISWA SMA DI SEKOLAH ISLAM ATHIRAH KAJAOLALIDO DI MAKASSAR = THE INFLUENCE OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA TO SHIFTS IN SPACE CONSUMPTIVE BEHAVIOR IN HIGH SCHOOL STUDENTS AT ATHIRAH KAJAOLALIDO ISLAMIC SCHOOL IN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E031181328_skripsi_30-12-2022 cover1.png
Download (161kB) | Preview
E031181328_skripsi_30-12-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
E031181328_skripsi_30-12-2022 dp.pdf
Download (1MB)
E031181328_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram terhadap pergeseran perilaku konsumtif ruang dan bentuk perilaku konsumtif ruang pada siswa SMA di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido di Makassar. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan rumus Proportional Stratified Random Sampling dan didapati 74 sampel penelitian yang merupakan siswa SMA.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dari media sosial instagram terhadap pergeseran perilaku konsumtif ruang pada siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSS 25. Hasil menunjukkan koefisien b = 0,524 > 0 yang dimaknai bahwa jika media sosial instagram bernilai 1 point maka perilaku konsumtif ruang meningkat sebesar 0,524. Dari hasil tersebut dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh linier positif dari media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif ruang pada siswa. Pengujian kedua menggunakan uji hipotesis dengan uji t. Adapun hasil yang didapatkan yakni, thitung (5,661) > ttabel (1,666) dengan tingkat signifikan pada tabel sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Dapat diartikan bahwa media sosial Instagram secara signifikan mempengaruhi pergeseran perilaku konsumtif ruang pada siswa.
Adapun bentuk perilaku konsumtif ruang pada siswa yakni lebih sering memilih tempat yang menyajikan sajian yang menarik untuk instastory dan diunggah pada media sosial instagram dengan rata-rata pilihan jawaban sebesar 42%. Selain itu, pertimbangan seperti tempat yang memiliki merek yang terkenal juga menjadi alasan siswa dalam mengunjungi tempat dengan rata-rata jawaban sebesar 35% memilih selalu dan 28% siswa lainnya juga memilih sering memilih merk terkenal.
Kata kunci: Media sosial Instagram, Perilaku konsumtif ruang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram social media, space consumptive behavior |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:27 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28220 |