Penilaian Kepuasan Wisatawan terhadap Kualitas Pelayanan (Service Quality) pada Jalur Pendakian Sembalun di Taman Nasional Gunung Rinjani


Holatila, Jessica Denishe (2022) Penilaian Kepuasan Wisatawan terhadap Kualitas Pelayanan (Service Quality) pada Jalur Pendakian Sembalun di Taman Nasional Gunung Rinjani. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
M011181367_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011181367_skripsi_31-10-2022 cover1.png

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
M011181367_skripsi_31-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
M011181367_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) merupakan salah satu destinasi wisata alam yang diminati wisatawan. Kepuasan wisatawan sangat penting dalam pengembangan wisata alam yang berkelanjutan yang dapat diwujudkan dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung dan mengukur kepuasan wisatawan terhadap kualitas pelayanan di Taman Nasional Gunung Rinjani. Pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 115 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang diberikan ke wisatawan yang pernah berkunjung ke TNGR. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan wisatawan yang berkunjung ke TNGR didominasi oleh wisatawan berjenis kelamin laki – laki dengan persentase 75,65% dan berusia antara 21 – 25 tahun. Sebagian besar wisatawan berasal dari luar provinsi. Nilai kepuasan wisatawan terhadap kualitas pelayanan diukur melalui CSI mendapat nilai 0,74 yang berarti wisatawan merasa puas. Pengelola TNGR perlu meningkatkan beberapa aspek terutama kebersihan lokasi, kehandalan pengelola dalam pelayanan dan pengecekan sampah sehingga dapat nilai kepuasan wisatawan yang diperoleh dapat lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:19
Last Modified: 26 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item
View Item