Analisis Pemasaran Lobster (Panulirus Sp.) Di Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan = MARKETING ANALYSIS OF LOBSTER (Panulirus sp.) IN BALANG LOMPO ISLAND PANGKAJENE REGENCY


Rhamadani, Andi Bulqies (2022) Analisis Pemasaran Lobster (Panulirus Sp.) Di Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan = MARKETING ANALYSIS OF LOBSTER (Panulirus sp.) IN BALANG LOMPO ISLAND PANGKAJENE REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041171308_skripsi_29-08-2022 cover1.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041171308_skripsi_29-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041171308_skripsi_29-08-2022 dp.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041171308_skripsi_29-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Bulqies Rhamadani. L041171308. “Analisis Pemasaran Lobster (Panulirus sp.) Di Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan” dibimbing oleh Sutinah Made sebagai Pembimbing Utama dan M. Chasyim Hasani sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, nilai margin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, market share (pangsa pasar) dan seberapa efesien pemasaran di Pulau Balang Lompo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021 di Pulau Balang Lompo, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode pengambilan sample pada penelitian ini yaitu menggunakan metode purposive sampling, dengan instrumen yaitu kuisioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran, dimana tidak semua lembaga pemasaran melakukan semua fungsi pemasaran, margin pemasaran tertinggi diperoleh saluran pemasaran I sebesar Rp. 1.950.000/kg atau Rp.175.500.000/siklus. Biaya pemasaran tertinggi diperoleh saluran pemasaran I sebesar Rp. 412.057/kg atau Rp.37.085.130/siklus. Keuntungan pemasaran tertinggi diperoleh saluran pemasaran I yakni sebesar Rp. 1.537.943/kg atau Rp.138.414.870/siklus. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya jumlah lembaga pemasaran yang terlibat. Nilai Market Share (pangsa pasar) tertinggi adalah perusahaan dengan tujuan ekspor pada saluran pemasaran II dengan angka persentase Market Share (pangsa pasar) sebesar 59.95%. Nilai efesiensi pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar 25.36% dan saluran pemasaran II sebesar 24.34%, dimana keduanya dikategorikan sebagai saluran pemasaran yang efesien.

Kata kunci: Saluran Pemasaran, Pangsa Pasar, Efesiensi, Pemasaran Lobster

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Channels, Market Share, Efficient, Lobster Marketing
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:10
Last Modified: 26 Sep 2022 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item
View Item