PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN E-MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA III DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETRAMPILAN, DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN DI MAKASSAR = The Effect of Cooperative Learning Model with E-Module Third Stage of Childbirth Care in Increasing Knowledge, Skills, and Learning Motivation of Diploma-III Midwifery Students in Makassar


Sari, Arweni Puspita (2022) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN E-MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA III DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETRAMPILAN, DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN DI MAKASSAR = The Effect of Cooperative Learning Model with E-Module Third Stage of Childbirth Care in Increasing Knowledge, Skills, and Learning Motivation of Diploma-III Midwifery Students in Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182022_tesis_19-07-2022 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182022_tesis_19-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102182022_tesis_19-07-2022 dp.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102182022_tesis_19-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ARWENI. Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan E-Modul Asuhan Persalinan Kala III Dalam Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Di Makassar (dibimbing oleh Mardiana Ahmad dan Prastawa Budi)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan E-modul Asuhan Persalinan Kala III Dalam Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Metode penelitian menggunakan penelitian kuanitatif dengan pendekatan pre eksperimental dengan rancangan two group pretest – posttest, yang dimana jumlahsampel di bagi terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan masing-masing sampel 45 sampel, untuk kelompok kontrol di berikan perlakuan pretest kemudian di berikan e-modul denga cooperative learning kemudian dilakukan post test, untuk kelompok intervensi di beri perlakuan dengan memberikan edikasi terkait asuhan persalinan kala III kemudian dilakukan post test dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dua kelompok variabel sebelum di beri perlakuan mayoritas berpengetahuan kurang yaitu sebanyak 33 responden (73,3%) dan 34 responden (75,6%), seluruhnya berketrampilan kurang, dan mayoritas memiliki motivasi yang rendah yaitu sebanyak 39 responden (86,7%) dari 45 responden (100%). Kesimpulan ada pengaruh Model Cooperative Learning Dengan E-Modul Asuhan Persalinan Kala III Dalam Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan dan Motivasi Belajar mahasiswa DIII Kebidanan

Keywords : Asuhan persalinan kala III, e-modul, model cooperative learning, keterampilan, Motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:24
Last Modified: 04 Aug 2022 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item
View Item