Asgar, Rabiyatul (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DI PUSKESMAS LASUSUA KAB KOLAKA UTARA = FACTORS THAT AFFECT THE QUALITY OF MATERNAL AND CHILD HEALTH SERVIS (KIA) AT THE LASUSUA PUBLIC HEALTH CENTER NORTH KOLAKA REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181503_skripsi_01-04-2022 cover1.jpg
Download (300kB) | Preview
K011181503_skripsi_01-04-2022 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K011181503_skripsi_01-04-2022 daftar pustaka.pdf
Download (2MB)
K011181503_skripsi_01-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Banyaknya angka kematian ibu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu belum meratanya jangkauan pelayanan antenatal, khususnya pelayanan KIA/KB serta rendahnya cakupan pelayanan antenatal dan persalinan oleh tenaga kesehatan. Selain itu dikarenakan masih ditemukannya disparitas antara provinsi, tingkat ekonomi dan pendidikan serta antara kota dan desa. Rawannya Kesehatan ibu ini memberi dampak pada kesehatan ibu dan anak dalam upaya peningkatan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan serta menurunkan angka kematian bayi dan kematian ibu (Depkes RI, 2010).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Lasusua Kab. Kolaka Utara. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebnayak 54 orang responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang 3 bulan terakhir di Puskesmas Lasusua. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Berdasarkan umur sebagian besar responden berada pada tingkat umur 21-30 tahun yaitu sebanyak 27 responden (50.0%). Dilihat dari usia kehamilan, sebagian besar responden pada usia kehamilan 30-38 minggu yaitu sebanyak 16 responden (29.6%). Berdasarkan pekerjaan, sebagian besar responden bekerja sebagai IRT yaitu sebanyak 34 responden (63.0%). Hasil Analisis Bivariat antara variabel independen dan dependen ini menunjukkan bahwa variabel kelangsungan pelayanan p= 0,000 (p<0,05), Akses terhadap pelayanan p= 0,021 (p<0,05), hubungan antar manusia p= 0,024 (p<0,05), dan kenyamanan p= 0,001 (p<0,05) berhubungan dengan mutu pelayanan KIA.
Saran yang diberikan adalah hendaknya petugas dapat memperbaiki dan menjaga kebersihan sarana dan prasarana Puskesmas, karena semua ini sangat berdampak terhadap mutu pelayanan kesehatan.
Keywords : Mutu pelayanan, Kelangsungan Pelayanan, Akses
Terhadap Pelayanan, Hubungan Antar Manusia, Kenyamanan, KIA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 27 May 2022 01:47 |
Last Modified: | 27 May 2022 01:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16158 |