Ciri-Ciri Pusat Gelanggang Polinom Miring Atas Barisan Bilangan Riil Berhingga = Characteristic of the Center of the Skew Polynomial Ring Over Finite Sequence of Real Numbers


Sosang, Rayhand Rafael Wongady (2022) Ciri-Ciri Pusat Gelanggang Polinom Miring Atas Barisan Bilangan Riil Berhingga = Characteristic of the Center of the Skew Polynomial Ring Over Finite Sequence of Real Numbers. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H011181012 cover.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H011181012 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H011181012 dp.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H011181012.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dimisalkan R merupakan sebuah gelanggang dengan elemen satuan, σ merupakan suatu endomorfisma gelanggang pada R, dan δ merupakan suatu σ-derivatif. Gelanggang polinom miring atas R dengan peubah tak diketahui x disimbolkan dengan R[x;σ,δ] memiliki aturan perkalian xa=σ(a)x+δ(a) yang menyebabkan gelanggang ini menjadi nonkomutatif. Meskipun gelanggang polinom miring nonkomutatif, namun di dalamnya terdapat suatu himpunan bagian yang anggotanya komutatif dengan setiap anggota gelanggang polinom miring lainnya yang dikenal sebagai pusat.
Di dalam penelitian ini akan ditemukan pusat dari gelanggang polinom miring atas barisan bilangan riil. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah mengkonstruksi gelanggang barisan bilangan riil berhingga yang disimbolkan dengan R^S dan menemukan σ dan δ pada R^S. Setelah itu dengan menggunakan R^S bersama dengan σ dan δ untuk mengkonstruksi gelanggang polinom miring atas R^S yang dinotasikan dengan R^S [x;σ,δ]. Kemudian akan ditentukan rumus x^k a dengan a∈R^S yang akan digunakan untuk memudahkan tahap selanjutnya yaitu menentukan pusat dari R^S [x;σ,δ].
Keywords : Pusat, Gelanggang Polinom Miring, Barisan Bilangan Riil Berhingga, Hasil Kali Cauchy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:49
Last Modified: 10 Mar 2022 05:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item
View Item