MOBILITAS SOSIAL KELUARGA PANRITA LOPI DI DESA ARA KECAMATAN BONTO BAHARI KABUPATEN BULUKUMBA = THE SOCIAL MOBILITY OF THE PANRITA LOPI FAMILY IN THE ARA VILLAGE BONTO BAHARI DISTRICT BULUKUMBA REGENCY


Suryadi, Saldi (2022) MOBILITAS SOSIAL KELUARGA PANRITA LOPI DI DESA ARA KECAMATAN BONTO BAHARI KABUPATEN BULUKUMBA = THE SOCIAL MOBILITY OF THE PANRITA LOPI FAMILY IN THE ARA VILLAGE BONTO BAHARI DISTRICT BULUKUMBA REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E043181007_disertasi cover.png

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E043181007_disertasi 1-2.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E043181007_disertasi dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E043181007_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Saldi Suryadi, E411 16 507. Judul Skripsi “Mobilitas Sosial Keluarga Panrita lopi Di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba”. Dibimbing Oleh Sultan Dan Hasbi. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk mobilitas sosial dan faktor yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial keluarga panrita lopi di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.
Pada dasarnya tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dituhukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini, peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan khusus terhadap objek peenlitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Pemilhan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu penarikan informan dilakukan dengan sengaja dengan kriteeria tertentu. Informan tersebut berjumlah 5 (lima) orang. Secara khusus mereka dianggap memahami betul dan dapat memberikan informasi yang benar berkaitan dengan masalah penelitian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk mobilitas sosial yang terjadi pada keluarga panrita lopi adalah mobilitas sosial intragenerasi horizontal, intragenersi vertikal, mobilitas sosial antargenerasi horizontal dan mobilitas sosial antargenerasi vertikal keatas yang dipengaruhi oleh faktor kesempatan kerja, pendidikan dan latar belakang ekonomi keluarga.
Keywords : mobilitas sosial, panrita lopi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:11
Last Modified: 22 Feb 2022 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item
View Item