Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-Commerce Pertanian Sayurbox (Studi Kasus Pada PT. Kreasi Nostra Mandiri Di Jakarta)


Putri, Asjini Eka (2021) Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-Commerce Pertanian Sayurbox (Studi Kasus Pada PT. Kreasi Nostra Mandiri Di Jakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
G021171301_skripsi_19-10-2021 cover1.png

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
G021171301_skripsi_19-10-2021 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
G021171301_skripsi_19-10-2021 dp.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of G021171301_skripsi_19-10-2021.pdf] Text
G021171301_skripsi_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang Fenomena e-commerce telah merambah pada bisnis pertanian di Indonesia, perusahaan termotivasi untuk melakukan inovasi dan perbaikan strategi dalam menarik pelanggan dan menawarkan sebuah produk secara online termasuk melalui media sosial Instagram. Dengan menerapkan strategi social media marketing dapat menarik minat konsumen sehingga mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. Tujuan Mengetahui BMC dari PT. Kreasi Nostra Mandiri dalam operasi bisnis Sayurbox, menganalisis variabel dan mengetahui pengaruh social media marketing di akun Instagram @sayurbox. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Penelitian ini dilakukan di Sayurbox pada tanggal 01 April 2021 – 19 April 2021. Total responden pada penelitian ini sebesar 90 responden dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner online yang disebar berupa tautan kuesioner kepada responden melalui direct message di Instagram. Hasil Berdasarkan penelitian, variabel content creation dan content sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dikarenakan dalam aktivitas media sosial sebagian besar penggunanya mencari konten yang menarik dan unik pada akun Instagram, sehingga mereka akan lebih banyak mendapatkan informasi tentang produk tersebut. Variabel connecting dan community building berpengaruh positif namun tidak signifikan. Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya penggunaan fitur Instagram sebagai penghubung antara konsumen dengan Sayurbox serta masih sedikitnya community yang terbentuk akibat adanya Sayurbox. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi social media marketing melalui media sosial instagram adalah salah satu cara yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:32
Last Modified: 10 Nov 2021 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item
View Item