PERSEPSI DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN SAMPAH OLEH CLEAN UP INDONESIA DI CITRALAND TAHUN 2021


PARDALITA, LELI (2021) PERSEPSI DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN SAMPAH OLEH CLEAN UP INDONESIA DI CITRALAND TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171023_skripsi_01-10-2021 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171023_skripsi_01-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171023_skripsi_01-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171023_skripsi_01-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

LELI PARDALITA. “PERSEPSI DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN SAMPAH OLEH CLEAN UP INDONESIA DI CITRALAND TAHUN 2021”
Kepadatan dan aktivitas penduduk yang semakin meningkat menyebabkan produksi jumlah sampah juga meningkat, dimana roduksi sampah dari 33 kota di seluruh Indonesia mencapai 132.192 m3 per hari. Banyaknya jumlah sampah yang tidak terangkut di lingkungan menjadi masalah yang tidak kunjung usai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi variabel metode pengumpulan dan pengangkutan sampah, ketepatan waktu pengumpulan sampah, ketepatan waktu pengangkutan sampah, kedisiplinan penggunaan seragam petugas sampah dan kepuasan masyarakat terhadap pengelolaan sampah di Citraland Celebes tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah penelitian deskriptif kuatitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan sampah Clean Up Indonesia di Perumahan CitraLand Celebes yakni sebesar 308 dengan sampel sebanyak 84 rumah.
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap metode pengumpulan dan pengangkutan sampah sebagian sudah sesuai yaitu sebanyak 95,2%, untuk ketepatan waktu pengumpulan sampah telah dilakukan secara tepat waktu dengan yakni sebanyak 83,3%, ketepatan waktu pengangkutan sampah telah dilakukan dengan tepat waktu yaitu sebanyak 94%, kedisiplinan penggunaan saragam petugas sampah telah disiplin sebesar 92,9%, dan kepuasan masyarakat terhadap pengelolaan sampah secara umum sebagian besar merasa puas terhadap pelayanan pengelolaan sampah oleh Clean Up Indonesia.yakni 88,1%.
Persepsi dan kepuasan masyarakat menjadi salah satu cerminan keberhasilan suatu pelayanan pengelolaan sampah yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk lebih maksimal dalam perjalanannya.
Kata Kunci : Pengelolaan sampah, kepuasan, perumahan, persepsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Nov 2021 07:20
Last Modified: 09 Nov 2021 07:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9713

Actions (login required)

View Item
View Item