ANALISIS MUTU BUAH MANGGA GOLEK (Mangifera indica L.) PADA METODE PENYIMPANAN ZERO ENERGY COOL CHAMBER (ZECC) DENGAN KOMBINASI PENGEMASAN


DEWITARA, SINGGANG (2021) ANALISIS MUTU BUAH MANGGA GOLEK (Mangifera indica L.) PADA METODE PENYIMPANAN ZERO ENERGY COOL CHAMBER (ZECC) DENGAN KOMBINASI PENGEMASAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G031171007_skripsi cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G031171007_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G031171007_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G031171007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SINGGANG DEWITARA (NIM. G031171007). Analisis Mutu Buah Mangga Golek Mangifera indica L.) pada Metode Penyimpanan Zero Energy Cool Chamber (ZECC) dengan Kombinasi Pengemasan. Dibimbing oleh ANDI DIRPAN dan ANDI NUR FAIDAH RAHMAN.
Buah mangga merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak diminati oleh masyarakat. Peningkatan jumlah produksi buah mangga dikarenakan kandungan gizi yang cukup tinggi, murah dan mudah untuk ditemui. Namun seperti tanaman hortikultura lainnya, mangga termasuk buah yang cepat mengalami kerusakan. Kerusakan dapat diakibatkan karena penanganan pascapanen yang kurang tepat sehingga menyebabkan kualitas mangga menurun dan memiliki masa simpan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masa simpan dan mutu buah mangga golek yang disimpan pada Zero Energy Cool Chamber (ZECC) dengan menggunakan kemasan LDPE dan kemasan LDPE penambahan perforasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari sampai dengan maret 2021 dengan dua tahap. Tahap pertama yaitu pengamatan kualitas fisik buah kemudian perlakuan pascapanen seperti pencucian, pengemasan dan penyimpanan mangga pada suhu ZECC (±26°C). Tahap kedua yaitu uji kualitas mangga setelah penyimpanan. Pengujian berupa susut bobot, tingkat kekerasan, vitamin C, total asam, total padatan terlarut, nilai pH, kadar air, warna kulit dan organoleptik. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu mangga yang dikemas dengan LDPE dan LDPE dengan perforasi secara berurut yaitu 18 dan 15 hari. Mangga yang dikemas dengan kemasan LDPE dapat mempertahankan vitamin C, total asam, total padatan terlarut, pH, kadar air warna L*, warna b*, organoleptik warna, aroma, tekstur dan rasa. Mangga yang dikemas dengan kemasan LDPE dengan perforasi dapat mempertahankan total padatan terlarut, kadar air warna L*, warna b*, organoleptik warna, aroma, tekstur dan rasa.
Kata kunci: LDPE, mangga, perforasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:29
Last Modified: 26 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8240

Actions (login required)

View Item
View Item