PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI PEPSODENT DI KOTA MAKASSAR


ARIFIN, ADYATMA (2012) PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI PEPSODENT DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
adyatmaari-1014-1-12-adyat-1 1-2.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
adyatmaari-1014-1-12-adyat-1 cover.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
adyatmaari-1014-1-12-adyat-1 dapus-lam.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
adyatmaari-1014-1-12-adyat-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Adyatma Arifin, A21106101. PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI
PEPSODENT DI KOTA MAKASSAR (dibimbing oleh Bapak Prof.Dr. Haris
Maupa, SE., M.Si. dan Ibu Dr. Indrianti Sudirman, SE., M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan
berdasarakan model iklan aida terhadap pengambilan keputusan pembelian pasta
gigi pepsodent di Kota Makassar dan untuk mengetahui berdasarakan model iklan
aida variabel manakah yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap
pengambilan keputusan tersebut.
Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Makassar sebagai
responden. Pemilihan responden sebagai objek penelitian terkait pada masyarakat
konsumen pasta gigi pepsodent dan karena menggunakan metode accidental
sampling, maka penelitian ini mendapatkan 100 orang responden. Metode
pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan (field research) dengan
membagikan kuesioner dan riset perpustakaan data. Teknik pengolahan data yang
digunakan ialah pengolahan data dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 19
(uji validitas dan uji reabilitas) dan menggunakan skala likert pada kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Attention dengan thitung(4,606)
> ttabel(1,985) dan nilai probabilitas 0,000<0,05, variabel Interest dengan
thitung(2,594) > ttabel(1,985) dan nilai probabilitas 0,001<0,05, variabel Desire
dengan thitung(4,593) > ttabel(1,984) dan nilai probabilitas 0,000<0,05, dan variabel
Action dengan thitung(2,315) > ttabel(1,985) dan nilai probabilitas 0,001<0,05,
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian
konsumen pasta gigi Pepsdoent di Kota Makassar. Kemudian dibandingkan
dengan variabel attention dalam periklanan berdasarakan model iklan AIDA
dengan thitung(4,606) > ttabel(1,985) dan nilai probabilitas 0,000<0,05 memiliki
pengaruh yang paling dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian
konsumen pasta gigi Pepsodent di Kota Makassar.
Periklanan yang dilakukan oleh PT. Unilever, Tbk dapat dikategorikan
berhasil dalam mengenalkan produknya terhadap konsumen. Namun, pihak
perusahaan senantiasa perlu mengembangkan kualitas produk dan pelayanan
pemasaran yang baik terhadap konsumen. Salah satu hal yang perlu diperhatikan
oleh perusahaan ialah tidak hanya mengutamakan peningkatan penjualan produk
tetapi perusahaan mesti untuk membangun kesadaran dan peningkatan
pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pemeliharaan kesehatan lingkungan
dan kesehatan diri konsumen serta masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:31
Last Modified: 25 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item
View Item