META-ANALISIS HASIL PENELITIAN PENGARUH MEROKOK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI


SROYER, BEATRIEX J. J . (2010) META-ANALISIS HASIL PENELITIAN PENGARUH MEROKOK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
beatriexjj-600-1-skr0001 cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
beatriexjj-600-1-skr0001 1-2.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
beatriexjj-600-1-skr0001 dapus-lam.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
beatriexjj-600-1-skr0001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Latar belakang: Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bagi sebagian orang merupakan kebutuhan yang dapat memberikan kepuasan secara psikologis. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit, salah satu diantaranya adalah hipertensi. Tetapi besarnya pengaruh merokok terhadap timbulnya kejadian hipertensi, beberapa penelitian kasus kontrol menunjukan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk memperoleh nilai acuan dari hasil penelitian yang berbeda-beda tersebut, maka dilakukanlah penelitian meta analisis.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil meta analisis dari beberapa penelitian tentang hubungan pengaruh merokok terhadap kejadian hipertensi di berbagai lokasi penelitian
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi casecontrol, jenis penelitian meta-analisis, populasi seluruh perokok dari beberapa penelitian di berbagai lokasi penelitian, sampel empat hasil penelitian, cara pengambilan sampel melalui purposive sampling, instrumen pengumpulan data merangkum empat artikel hasil penelitian, analisis data yaitu dengan meta analisis.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh merokok terhadap kejadian hipertensi (OR-pooled 1,2; dengan 95 % CI 1,00 - 1,62), hasil meta analisis menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara merokok dengan kejadian hipertensi.
Kesimpulan dan saran: Penelitian ini menggunakan meta analisis sebagai metode penelitian data. Variasi hasil studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara merokok terhadap kejadian hipertensi. Penelitian meta analisis hendaknya lebih dikembangkan dikalangan mahasiswa kedokteran untuk mengetahui seberapa besar nilai koefisien korelasi dari berbagai penelitian kasus kontrol yang telah dilakukan terutama dalam bidang kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:38
Last Modified: 06 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7537

Actions (login required)

View Item
View Item