THE INFLUENCES OF COLLABORATIVE AND INDIVIDUAL WRITING STRATEGIES ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AND SELF-ESTEEM (A MIXED-METHOD STUDY AT UIN MATARAM)


SUHANDRA, IKA RAMA (2021) THE INFLUENCES OF COLLABORATIVE AND INDIVIDUAL WRITING STRATEGIES ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AND SELF-ESTEEM (A MIXED-METHOD STUDY AT UIN MATARAM). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F013171011_disertasi cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013171011_disertasi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013171011_disertasi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013171011_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Ika Rama Suhandra, Pengaruh Strategi Menulis Kolaboratif dan Individual terhadap Prestasi dan Self-Esteem Mahasiswa (Dibimbing oleh M. L. Manda, Ria Rosdiana Jubhari, Harlinah Sahib).
Penelitian ini menyelidiki 1) apakah strategi menulis kolaboratif memiliki pengaruh positif atau tidak terhadap prestasi menulis mahasiswa daripada mahasiswa yang menulis secara individu, 2) strategi menulis kolaboratif memiliki pengaruh positif atau tidak terhadap self-esteem mahasiswa daripada mahasiswa yang menulis secara individual, dan 3) ) Persepsi mahasiswa tentang penggunaan strategi menulis kolaboratif.
Penelitian dilakukan dengan menerapkan desain metode campuran. Subjek penelitian ini adalah 64 mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok control. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang relevan seperti: tes menulis karangan, angket harga diri, dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Tiga temuan utama muncul. Pertama, terungkap bahwa ada perbedaan skor rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari post-test mereka. Skor rata-rata kelompok eksperimen (M = 7.14) (SD = 0.57) lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol (6.45) (SD = 0.53). Hal ini diartikan bahwa strategi menulis kolaboratif memiliki pengaruh yang positif terhadap mahasiswa yang menulis secara kolaboratif dibandingkan mahasiswa yang menulis secara individu. Kedua, ada perbedaan yang signifikan terkait dengan self-esteem mahasiswa antara kelompok eksperimen yang menggunakan strategi menulis kolaboratif dibandingkan kelompok kontrol yang bekerja secara individu dalam proses pembelajaran menulis. Bukti statistik menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 79.88 dan kelompok kontrol adalah 71.25. Ketiga, berhubungan dengan persepsi mahasiswa, ditemukan bahwa semua respon mahasiswa positif terhadap penerapan strategi menulis kolaboratif karena dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa, mengurangi stres, memberikan wawasan baru tentang cara mahasiswa menulis, saling memberi umpan balik, memberikan sikap yang baik untuk menghargai setiap mahasiswa lain, dan mengenal karakter lainnya.
Kata kunci: Kolaboratif, menulis, individual, strategi

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:48
Last Modified: 04 Oct 2021 07:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item
View Item