ANALISIS KEKUATAN KOMPOSIT KAYU SEBAGAI PENGGANTI BAHAN SLEEPER PADA REL KERETA API


Zulkifli, Zulkifli (2021) ANALISIS KEKUATAN KOMPOSIT KAYU SEBAGAI PENGGANTI BAHAN SLEEPER PADA REL KERETA API. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D21114520_skripsi cover1.png

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D21114520_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D21114520_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
D21114520_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di Labolatorium Material Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Gowa jalan poros Malino Sulawesi Selatan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat sleeper secara horizontal pada kayu kelapa radial (HKKr) yaitu sebesar 750 gram dengan volume 97732,5 mm3. Sedangkan berat sleeper kayu jati radial secara horizontal yaitu sebesar 556 gram dengan volume 98125 mm3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang paling berat adalah sleeper komposit kayu kelapa. Filling Horizontal kayu kelapa tangensial (HKKt) memiliki nilai sebesar 78,75 MPa dengan sifat tekuk kelenturan berada pada kelas II kuat. Sedangkan sleeper kayu jati tangensial filling horizontal memiliki nilai sebesar 74,24 MPa berada pada kelas II Kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa walaupun sama-sama berada pada kelas II tapi kayu kelapa memiliki nilai lebih besar dibandingkan dengan kayu jadi dengan selisih nilai 4,5 MPa. Permukaan tangensial menyebabkan peningkatan nilai kekuatan sleeper, dimana permukaan tangensial memiliki lebar yang lebih besar dibanding permukaan radial. Kekuatan tekuk dengan nilai tertinggi berada pada horizontal kayu kelapa tangensial (HKKt) dibandingkan horizontal kayu jati tangensial (HKJt). Sehingga dapat disimpulkan bahwa filling material komposit memiliki nilai kekuatan yang besar jika direkayasa secara horizontal. Hal tersebut dikarenakan arah horizontal memiliki volume yang rata-rata lebih besar dibandingkan filling material komposit secara vertical.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:53
Last Modified: 04 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7170

Actions (login required)

View Item
View Item