SULING, IFTITAH (2021) PENGELOLAAN KOLEKSI ARKEOLOGI SEBAGAI MEDIA BELAJAR DI MUSEUM DAERAH KABUPATEN BANGGAI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F61116003_skripsi cover1.png
Download (183kB) | Preview
F61116003_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
F61116003_skripsi dp.pdf
Download (466kB)
F61116003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Iftitah Suling. “Pengelolaan Koleksi Arkeologi Sebagai Media Belajar Di Museum, Daerah Kabupaten Banggai”, dibimbing oleh Rosmawati dan Yadi Mulyadi.
Musem Daerah Kabupaten Banggai merupakan museum yang menyajikan koleksi terkait sejarah Kabupaten Banggai. Sebuah museum berfungsi bukan hanya sebagai tempat penyimpanan barang tua namun juga sebagai media belajar kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui keberhasilan Museum Daerah Kabupaten Banggai dalam mengoptimalisasikan peran pendidikan dalam pemanfaatan informasi melalui koleksi arkeologi dalam hal mengajak masyarakat untuk berkunjung dan belajar di museum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan hal-hal yang menjadi pengamatan situasi dan kondisi di museum. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Museum Daerah Kabupaten Banggai ditata berdasarkan sejarah dan perkembangan Kabupaten Banggai dari masa kerajaan, kolonial hingga sekarang. Namun dalam pengelolaannya belum bisa dikatakan maksimal. Museum Daerah Kabupaten Banggai telah menjalankan peranan sebagai sarana belajar masyarakat. Namun Museum Daerah Kabupaten Banggai perlu mengembangkan ke arah yang lebih baik dan masih perlu melakukan penelitian serta penambahan koleksi untuk bisa menunjang program-program edukasi yang akan dijalankan oleh museum.
Kata Kunci: Museum Daerah Kabupaten Banggai, Peran Museum, Media Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:44 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6917 |