KARAKTERISTIK BANGKITAN DAN KEBUTUHAN PERJALANAN DI KAWASAN PERUMAHAN BUMI TAMALANREA PERMAI (BTP) KOTA MAKASSAR


ASDAR, MUHAMMAD (2007) KARAKTERISTIK BANGKITAN DAN KEBUTUHAN PERJALANAN DI KAWASAN PERUMAHAN BUMI TAMALANREA PERMAI (BTP) KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
muhammadas cover.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
muhammadas 1-2.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
muhammadas dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
muhammadas.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MUHAMMAD ASDAR. Karakteristik Bangkitan dan Kebutuhan Perjalanan di Kawasan Perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Kota Makassar (dibimbing oleh M. Yamin Jinca dan Arifin Mandja). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bangkitan dan sebaran perjalanan; dan menganalisis moda dan rute perjalanan yang berhubungan dengan kebutuhan perencanaan transportasi di kawasan perumahan Bumi Tamalanrea Permai Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan perumahan Bumi Tamalanrea Permai Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian noneksprimental, yang dilakukan dengan cara survei dan pengamatan langsung di lapangan. Pengambilan data arus lalu lintas dilaksanakan mulai pukul 06.00 – 18.00 selama satu minggu. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangkitan perjalanan arus lalu lintas lebih dominan untuk melakukan perjalanan ke zona pertama (Jalan Tamalanrea Raya), kemudian zona kedua (Jalan Kebahagiaan Utara), zona kelima (Jalan Poros Blok AE), zona keempat (Jalan Katimbang), dan yang paling sedikit ke zona ketiga (Jalan Keberkahan). Moda transportasi yang terbanyak digunakan untuk melakukan perjalanan adalah sepeda motor, kemudian mobil pribadi, dan yang ketiga adalah angkutan kota. Puncak pembebanan arus lalu lintas pada rute pertama (Jalan Tamalanrea Raya) jalur keluar terjadi pada pagi hari dan untuk jalur masuk terjadi pada sore hari, sedangkan untuk rute-rute lainnya terjadi pada pagi hari yang merupakan akumulasi dari kendaraan yang keluar dan masuk ke kawasan Bumi Tamalnrea Permai. Sampai saat ini ruasruas jalan yang digunakan sebagai rute perjalanan dengan kapasitas yang ada masih dapat menampung pembebanan arus lalu lintas akibat adanya perjalanan, baik yang keluar ataupun masuk ke kawasan Bumi Tamalanrea Permai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:26
Last Modified: 27 Sep 2021 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item
View Item