GAMBARAN STRES GURU SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MAROS


Afni A., Juwita Baby (2021) GAMBARAN STRES GURU SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MAROS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C051171009_skripsi cover1.png

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C051171009_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C051171009_skripsi dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C051171009_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak dibidang pendidikan dengan dilakukan proses pembelajaran secara online oleh tenaga pendidik seperti guru. Pembelajaran yang dilakukan secara online menyebabkan terjadinya stres pada guru sebab ditemui beberapa hambatan. Stres yang terjadi pada guru berpengaruh terhadap kesehatan fisik, mental dan kesejahteraan guru.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran stres guru sekolah dasar selama pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Maros.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif survey. Sampel dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar sebanyak 184 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Stres guru sekolah dasar diukur menggunakan kuesioner Teacher Stress Inventory (TSI) yang disebar secara online dalam bentuk google form.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan guru sekolah dasar selama pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Maros mengalami stres sedang (66,3%). Berdasarkan karakteristik, guru sekolah dasar mengalami stres sedang rata-rata usia 39 tahun, memiliki masa kerja rata-rata 13-14 tahun, jenis kelamin perempuan (67,3%), tingkat pendidikan sarjana (66,5%), sudah menikah (66,5%), dan status kepegawaian PNS (71,8%).
Kesimpulan dan saran: Mayoritas guru sekolah dasar selama pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Maros mengalami stres sedang. Oleh karena itu, diharapkan adanya intervensi atau pelatihan yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres pada guru sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:01
Last Modified: 16 Sep 2021 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item
View Item