PENGARUH MULTIMODAL EXERCISE TERHADAP KEMAMPUAN BERJALAN PADA LANSIA


Marwah, Marwah (2021) PENGARUH MULTIMODAL EXERCISE TERHADAP KEMAMPUAN BERJALAN PADA LANSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C041171314_skripsi cover1.png

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C041171314_skripsi 1-2.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C041171314_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C041171314_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Berjalan merupakan bagian fundamental dari kehidupan sehari-hari manusia. Kemampuan berjalan dapat difenisikan sebagai kemampuan seseorang dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan melangkah. Proses penuaan menyebabkan terjadinya keterbatasan fungsi pada lansia. Keterbatasan fungsi terjadi akibat adanya penurunan fungsi mobilitas karena adanya hambatan pada pergerakan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa multimodal exercise mampu meningkatkan kemampuan berjalan pada lansia. Penelitian ini merupakan penelitian exeperimental dengan desain penelitian one-group pre-test post-test design dengan tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk melihat pengaruh multimodal exercise terhadap kemampuan berjalan pada lansia. Program latihan dilakukan pada 20 orang responden yang berusia ≥60 tahun. Responden melakukan 12 sesi latihan selama 4 minggu. Kemampuan berjalan lansia diukur menggunakan 6-MWT. Hasil penelitian menunjukkan bajwa adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berjalan lansia. Rata-rata nilai 6-MWT meningkat dari 392.05±57.454 sebelum dilakukan latihan menjadi 404.20±64.362 setelah latihan (p=0.000). Multimodal exercise efektif dalam meningkatkan kemampuan berjalan lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Fisioterapi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:55
Last Modified: 15 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item
View Item