GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FISIOTERAPI DI PRAKTIK MANDIRI PHYSIOCENTER SOROWAKO


SUFRI, NUR FAUZIAH FIRDHAYANTI (2021) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FISIOTERAPI DI PRAKTIK MANDIRI PHYSIOCENTER SOROWAKO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C041171306_skripsi cover1.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C041171306_skripsi 1-2.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C041171306_skripsi dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C041171306_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Kepuasan sangat penting dalam penilaian mutu pelayanan khususnya pada pelayanan kesehatan yang mempengaruhi tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan apa yang telah dia diterima dan harapannya. Kualitas pelayanan fisioterapi mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan pasien sehingga menunjukkan bahwa tinggi rendahnya tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan dan berdampak terhadap perkembangan praktik mandiri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan fisioterapi di Praktik mandiri Physiocenter Sorowako. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan metode cross-sectional, yang bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan fisioterapi di Praktik mandiri Physiocenter Sorowako. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS), serta disajikan dalam bentuk tabel menurut variabel sesuai tujuan disertai dengan penjelasan dalam bentuk narasi. Penelitian ini menunjukkan sebanyak 72 orang (88,9%) mengatakan sangat puas terhadap pelayanan fisioterapi yang diberikan. Dalam hal ini, pelayanan fisioterapi yang dimaksud meliputi lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangiable (bukti fisik). Faktor kepuasan pasien juga dapat dipengaruhi oleh karakteristik pasien berdasarkan umur dan pendidikan pasien, frekuensi umur 36 – 40 tahun yang paling banyak dan pasien terbanyak berpendidikan SLTA/SMA. Hal ini menunjukkan apabila harapan pasien terpenuhi, maka pelayanan tersebut telah memberikan suatu kualitas yang luar biasa dan juga akan menimbulkan kepuasan yang tinggi.
Kata Kunci: Kepuasan pasien, pelayanan fisioterapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:26
Last Modified: 27 Aug 2021 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item
View Item