Efek Penambahan Plasma-Ozon Terhadap Kinerja dan Emisi Gas Buang Mesin Diesel


INSANI, MELATI NURUL (2021) Efek Penambahan Plasma-Ozon Terhadap Kinerja dan Emisi Gas Buang Mesin Diesel. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D022192009_tesis COVER1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D022192009_tesis 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D022192009_tesis DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D022192009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam meningkatkan kinerja dan mengurangi emisi gas buang pada mesin pembakaran, penambahan ozon ke udara yang dipasok di ruang pembakaran dipelajari. Dalam penelitian ini, ozon dapat diproduksi menggunakan teknologi plasma (plasma-ozon) yang merupakan teknologi sederhana dan ramah lingkungan. Plasma-ozon dihasilkan menggunakan metode Dielectric Barrier Discharge (DBD). Udara dilewatkan dalam reaktor plasma-ozon pada tegangan yang berbeda dengan variasi ozon 0 mg, 3 mg, 12 mg, 15 mg dan 18 mg diperoleh. Konsentrasi ozon terdeteksi menggunakan Ozone meter O3 Air Quality Detector dan OPA-100 digunakan untuk menentukan emisi gas buang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ozon dapat mengontrol waktu pembakaran, sehingga berpengaruh pada penurunan konsumsi bahan bakar spesifik, peningkatan perbandingan udara dan bahan bakar, peningkatan efisiensi volumetrik, peningkatan tekanan silinder dan penurunan pelepasan panas. Namun, penambahan ozon lebih efektif pada rasio kompresi rendah yaitu rasio kompresi 14. Penambahan ozon juga mengurangi opasitas emisi gas buang pada mesin diesel TV1 menjadi lebih ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:50
Last Modified: 24 Aug 2021 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item
View Item