PRASETYO, BUDI (2019) ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN LADA Di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
19_G21114004_Cover1.jpg
Download (4kB) | Preview
19_G21114004(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf
Download (874kB)
19_G21114004(FILEminimizer)..ok dapus-lam.pdf
Download (929kB)
19_G21114004(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN LADA DI DESA BANTILANG, KECAMATAN TOWUTI, KABUPATEN LUWU TIMUR, PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Budi Prasetyo*,Muslim Salam,Pipi Diansari,
Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian,
Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar
*Kontak penulis: budipras1996@gmail.com
ABSTRAK
Perkebunan merupakan sub sektor pertanian yang sangat strategis dan menjadi salah satu andalan perekonomian Indonesia yang dapat meningkatkan devisa negara dan dapat pula menyerap tenaga kerja. Salah satu hasil perkebunan yang sampai sekarang masih di budidayakan yaitu lada. Besarnya produksi lada harus didukung dengan pola pemasaran yang baik. Pola pemasaran mempunyai peranan yang penting saat melakukan kegiatan usahatani. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Mengetahui saluran pemasaran lada di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, 2)Menganalisis besarnya margin pemasaran lada di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten luwu Timur, 3)Menganalisis besar persentase share harga di tingkat petani pada setiap saluran pemasaran lada yang ada di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Penentuan sampel petani dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 10% dari populasi yang berjumlah 304 orang, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden dan ada 5 responden pedagang yang terlibat dalam penyaluran lada sampai ke konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis data kualitatif untuk menggambarkan secara deskriptif mengenai saluran pemasaran dan analisis data kuantitaif digunakan untuk menganalisismargin pemasaran dan farmer’s share.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1)Terdapat tiga saluran pemasaran lada di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timuryaitu: Saluran Pemasaran I : Petani – Pedagang Besar – KIMA Makassar, Saluran Pemasaran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – KIMA Makassar, Saluran Pemasaran III : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – PT. 88 Samayoda Surabaya, 2)Total margin pemasaran saluran I yaitu Rp.5.000/kg, Total margin pemasaran saluran II yaitu Rp.6.000/kg, Total margin pemasaran saluran III yaitu Rp.8.000/kg, 3)Besaranya bagian yang diterima petani (Farmer’s share) pada Saluran Pemasaran I yaitu sebesar 90,90%, Saluran Pemasaran II sebesar 89,28%, dan pada Saluran Pemasaran III sebesar 86,20%.
Kata Kunci:Saluran Pemasaran; Margin Pemasaran; farmer’s share
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 01:36 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 01:36 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5670 |