Meningkatkan keterampilan Menulis Bahasa Arab Menggunakan Metode Imla' pada Santri Putra SMP Pondok Pesantren Modern Rahmatul asri = Improving Arabic writing skills using the Imla' method among male students of SMP Rahmatul Asri Islamic Boarding School


MIFTAH, MUHAMMAD ARIF (2025) Meningkatkan keterampilan Menulis Bahasa Arab Menggunakan Metode Imla' pada Santri Putra SMP Pondok Pesantren Modern Rahmatul asri = Improving Arabic writing skills using the Imla' method among male students of SMP Rahmatul Asri Islamic Boarding School. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181324-Cover.jpg

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
F031181324-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181324-dp(FILEminimizer).pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181324-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD ARIF MIFTAH. Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Menggunakan Metode Imla’ pada Santri SMP Pondok pesantren Modern Rahmatul Asri (di bawah bimbingan bapak Prof. Dr. Yusring Sanusi Baso,S.S.,M.App.Ling. dan bapak Fadlan Ahmad, S.S., M.Si.) Latar belakang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya kemampuan santri SMP Rahmatul Asri dalam berbahasa Arab, berdasarkan pengamatan peneliti banyak di antara santri yang masih kaku dalam menulis huruf-huruf hijaiyyah, hal ini merupakan salah satu masalah besar yang mengakibatkan terjadinya penurunan prestasi-prestasi dalam bidang bahasa Arab. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Imla’ dan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab santri hingga mencapai standar yang diinginkan. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan metode analisis data kuantitatif, penerapan metode Imla’ dilakukan dengan menggabungkannya dengan kegiatan pengenalan kosakata yang dilaksanakan dengan tiga tahap, tahap pertama; menyajikan kosakata. Tahap kedua; melakukan tes kecil tentang kosakata yang disajikan. Tahap ketiga; peneliti mengarahkan santri untuk menuliskan kosakata yang disajikan berdasarkan apa yang didengar di atas kertas, kegiatan ini dilakukan setiah hari dan dilakukan tes setiap dua pekan sekali. Hasil. Nilai rata-rata kemampuan menulis santri adalah 40,82% kemudian pada siklus pertama meningkat hingga 66,46% dan pada siklus kedua meningkat lagi hingga 76,51% dengan hasil predikat sangat baik. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, metode Imla’ efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab yang dilakukan pada santri SMP Rahmatul Asri.

Keyword : Imla', keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Imla', writing skills.
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:06
Last Modified: 11 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49305

Actions (login required)

View Item
View Item