ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA NASABAH DIBANK SULSELBAR SYARIAH = BUSINESS STRATEGY ANALYSIS IN IMPROVING THE EFFECTIVENESS OF FINANCING DISTRIBUTION TO CUSTOMERS AT BANK SULSELBAR SYARIAH


ABIDIN, NUR AZIZAH (2025) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA NASABAH DIBANK SULSELBAR SYARIAH = BUSINESS STRATEGY ANALYSIS IN IMPROVING THE EFFECTIVENESS OF FINANCING DISTRIBUTION TO CUSTOMERS AT BANK SULSELBAR SYARIAH. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012232025-TESIS-COVER.jpg

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012232025-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012232025-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012232025-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Bank Sulselbar Syariah menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan pembiayaan, yang disebabkan oleh rendahnya literasi keuangan syariah di masyarakat, persaingan yang semakin ketat dengan bank konvensional dan bank syariah lainnya, serta keterbatasan dalam hal digitalisasi dan inovasi produk keuangan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, pelaksanaan strategi pembiayaan syariah, serta mengevaluasi keberhasilan strategi yang diterapkan dan mengidentifikasi aspek yang perlu diperbaiki di Bank Sulselbar Syariah. Penelitian ini menggunakan mixed methods Analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan, sementara analisis kuantitatif, yang menggunakan data angka dan statistik, diterapkan pada matriks IFE, EFE, IE, SWOT, Grand Strategy, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan Bank Sulselbar Syariah harus mengembangkan platform digital interaktif dan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan konten edukatif, meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keuangan syariah. Penelitian menunjukkan bahwa webinar, pelatihan rutin dengan pakar, serta program gamifikasi dan kolaborasi dengan influencer dapat memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan minat serta pengetahuan peserta, khususnya di kalangan audiens muda.

Keyword : Strategi Bisnis, Pembiayaan Syariah, Literasi keuangan Syariah, Digitalisasi Keuangan Syariah

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Busines Strategy, Islamic Financing, Islamic Financial Financial Literacy, Financial Digitalization.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:10
Last Modified: 28 Jul 2025 03:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47969

Actions (login required)

View Item
View Item