MUKARRAMAH, MUKARRAMAH (2024) Determinan Keputusan Pembelian Sarabba Instan Sukma Jahe PT. Monity Jaya Bersama Kota Makassar = Determinants of Sukma Jahe Instant Sarabba Purchase Decision PT. Monity Jaya Bersama Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47882/1.hassmallThumbnailVersion/G021201027_skripsi_03-07-2024%20cover1.png)

G021201027_skripsi_03-07-2024 cover1.png
Download (321kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201027_skripsi_03-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201027_skripsi_03-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201027_skripsi_03-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 June 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Minuman dari bahan baku utama jahe masih menjadi salah satu pilihan konsumen untuk dinikmati. Pengolahan jahe menjadi sarabba instan sudah banyak dilakukan oleh UMKM di Kota Makassar, usaha ini banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tujuan. Penelitian ini untuk menganalisis determinan yang memengaruhi keputusan pembelian sarabba instan Sukma Jahe. Penelitian ini dilakukan di PT. Monity Jaya Bersama Kota Makassar dengan sampel 120 responden yang merupakan konsumen produk sarabba instan. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Metode. Penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi logistik biner untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 12 variabel independen yang terdiri atas budaya, sosial, pengetahuan, pendapatan, gaya hidup, selera, kualitas produk, variasi produk, kemasan, harga, kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pengujian secara parsial, dari 12 variabel independen terdapat enam variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sarabba instan Sukma Jahe yaitu gaya hidup, selera, kualitas produk, kemasan, harga dan kualitas pelayanan. Sementara, terdapat lima variabel yang berpengaruh positif dan tidak signifikan yaitu sosial, pengetahuan, pendapatan, variasi produk dan promosi. Kemudian, terdapat satu variabel yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan yaitu budaya.
Keyword : Determinan Keputusan; Keputusan Pembelian; Sarabba
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buying decision; Decision Determinant: Buying decision; Sarabba. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:06 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47882 |