Burhanuddin, Ghafirah Nur Indah (2023) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP SAJIAN KOPI PEACH AMERICANO MELALUI NEUROMARKETING PADA KELOMPOK USIA LANSIA AWAL (STUDI KASUS: CAFÉ DI KOTA MAKASSAR) = Consumer Preferences for Peach Americano Coffee Through Neuromarketing in Early Older Age (Case Study: Café in Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47516/1.hassmallThumbnailVersion/D071191041_skripsi_29-02-2024%20Cover1.jpg)

D071191041_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg
Download (268kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191041_skripsi_29-02-2024 bab1-2.pdf
Download (849kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191041_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191041_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 September 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Café Safehaus merupakan salah satu café yang terleta di Kota Makassar. Maraknya bisnis café maupun coffee shop di Indonesia membuat Café Safehaus memerlukan terobosan baru dalam mengembangkan strategi pemasarannya untuk merebut pangsa pasar dengan melakukan pengembangan produk baru berupa sajian menu kopi Peach Americano dengan melihat kebutuhan konsumen melalui preferensi. Salah satu cara untuk melihat preferensi konsumen melalui metode Neuromarketing. Neuromarketing memiliki potensi untuk mengubah cara kita memahami preferensi dan cara kita membuat keputusan pemasaran dengan menggunakan teknik kuantitatif untuk mengukur aktivitas otak.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik respon gelombang otak berdasarkan kecepatan respon gelombang otak dan mengidentifikasi karakteristik gelombang otak yang menunjukkan tingkat kesukaan terhadap rasa sajian menu kopi Peach Americano sebagai stimulus yang memiliki tingkat komposisi yang berbeda. Dengan menerapkan metode neuromarketing melalui Electroencephalography (EEG) diperoleh hasil pengukuran aktivitas gelombang otak berdasarkan teknik kuantitatif. Hal ini dapat menjadi preferensi dalam menentukan tingkat komposisi yang disukai dan diminati.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada partisipan pria dan wanita menunjukkan respon gelombang otak yang relatif serupa. Namun, pada Variasi 3 yang memiliki rasa yang paling pahit di antara variasi lain, respon gelombang otak pada partisipan pria menunjukkan respon yang sedikit lebih cepat dibandingkan partisipan wanita.Pada respon gelombang otak yang dominan ditunjukkan pada pria yaitu variasi 3 dengan komposisi rasa pahit yang dominan sedangkan respon gelombang otak pada yang dominan ditunjukkan pada wanita yaitu pada variasi 2 dengan komposisi yang cukup pahit dan variasi 3 dengan komposisi dominan pahit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Preference, Neuromarketing, Electroencephalography |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47516 |