MAULANA, DIAN (2023) PERENCANAAN SUMBER DAYA PADA PEKERJAAN REPARASI KAPAL TUG BOAT 2 X 600 HP = Resource Planning for 2 x 600 HP Tug Boat Repair Work. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47451/1.hassmallThumbnailVersion/D031181305_skripsi_28-02-2024%20Cover1.jpg)

D031181305_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg
Download (247kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181305_skripsi_28-02-2024 Bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181305_skripsi_28-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (517kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181305_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Reparasi kapal merupakan kegiatan memperbaiki dan merawat kapal secara keseluruhan atau pada bagian tertentu pada kapal, Pada pelaksanaan repararasi kapal tiga hal yang menjadi factor utama yaitu waktu pengerjaan, Sumber daya dan Biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah Menentukan bobot pengerjan pada reparasi kapal, Menetukan waktu pengerjaan pada reparasi kapal, Dan menetukan biaya yang dibutuhkan pada pengerjaan reparasi kapal. Penelitian ini menggunakan metode work breakdown system ( WBS ) merupakan proses mengelompokkan aktivitas spesifik yang harus di lakukan dalam mencapai tujuan proyek,setelah itu mengolah aktifitas tersebut kedalam Critical path methode ( CPM ) yaitu metode pengamatan terhadap jalur pengerjaan paling penting dengan identifikasi ini untuk menentukan waktu pengerjaan terlama. dengan menggunakan aplikasi microsoft project dalam merencanakan suatu pengerjaan untuk mengifisiensikan setiap pengerjaan secara baik. Hasil dari penelitian ini berupa bobot pengerjaan docking kapal dengan dwt 171 ton pembersihan lambung 266m^2, Pengecekatan ketebalan kapal pada 200 titik kapal di peroleh estimasi penggantian plat +- 1000kg, Pengecatan pada tiga bagian kapal mulai dari keel sampai deck kapal 266m^2 penurunan propeller 2 unit dan bagian bagian propeller, Perawatan jangkar dan rantai jangkar 2 unit penggantian zinc anode 18 buah perawatan sea chest 2 unit dan sea valve untuk setiap sudut kemiringan 4, 2,5, dan 1 inci masing masin 2 buah. Adapun waktu yang didapatkan dalam perencanaan reparasi kapal ini adalah 7,8 hari dengan estimasi delapan jam kerja perhari dan estimasi biaya yang di gunakan sebesar RP. 365.568.919,00.
Keyword : reparasi, tugboat, sumber daya, critical path methode, work breakdown system
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Repair, tugboat, resources, critical path method, work breakdown system. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 00:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 00:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47451 |