IRFAN, IRFAN (2024) PERENCANAAN JARINGAN KERJA PEKERJAAN REPARASI KAPAL BARGE 2222 GT BERBASIS KOMPUTER = NETWORK WORK PLANNING FOR COMPUTER-BASED REPAIR WORK ON 2222 GT BARGE SHIP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47448/1.hassmallThumbnailVersion/D031171315_skripsi_22-02-2024%20Cover1.jpg)

D031171315_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg
Download (227kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D031171315_skripsi_22-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (567kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D031171315_skripsi_22-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D031171315_skripsi_22-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Proses reparasi kapal merupakan suatu proses penting yang melibatkan perbaikan, pemeliharaan, dan renovasi kapal yang dilakukan agar kegunaan kapal tetap berada dalam kondisi yang baik dan layak saat beroperasi. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian di PT Industri Kapal Indonesia yaitu adanya keterlambatan pekerjaan dalam pengerjaan reparasi kapal barge yang masih kurang efektif waktu pengerjaannya. Adanya keterlambatan pekerjaan pada reparasi kapal barge selama 3 hari, dimana perencanaan awal selesai dalam 27 hari, namun aktualnya terjadi keterlambatan sehingga pekerjaan selesai dalam 30 hari dan masih kurang efektif waktu pengerjaannya dapat menyebabkan terjadinya delay (waktu menunggu/menunda) penyelesaian pekerjaan, sehingga mengakibatkan keterlambatan penyelesaian reparasi secara keseluruhan dalam reparasi kapal tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis penyebab terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan reparasi kapal serta mencari alternatif network planning untuk memperoleh waktu optimal pekerjaan reparasi kapal. Untuk mengidentifikasi jaringan kerjanya dengan menggunakan metode jalur kritis (Critical Path Method). Diperoleh hasil penelitian yaitu penyebab terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan reparasi kapal disebabkan karena kurangnya jumlah tenaga kerja yang digunakan. Biaya pekerjaan yang diperoleh dari hasil penelitian ini ialah untuk pekerjaan normal sebesar Rp822.660.320,00, biaya setelah penambahan jam kerja (lembur) sebesar Rp835.400.320,00, dan biaya setelah penambahan tenaga kerja sebesar Rp820.485.320,00.
Keyword : Reparasi Kapal Barge, CPM, Jaringan Kerja, Jalur Kritis, Microsoft Project
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Barge Ship Repair, CPM, Network, Critical Path, Microsoft Project. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:32 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47448 |