Analisis Strategi dan Pengembangan Model Bisnis Maharewa Travel = Strategic Analysis and Business Model Development of Maharewa Travel


HARMINA, HARMINA (2025) Analisis Strategi dan Pengembangan Model Bisnis Maharewa Travel = Strategic Analysis and Business Model Development of Maharewa Travel. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012232099-TESIS-COVER.jpg

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012232099-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (562kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012232099-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (56kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012232099-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengkaji strategi pengembangan Business Model Canvas (BMC) Maharewa Travel, pendatang baru di bisnis perjalanan Umrah, melalui analisis internal dan eksternal menggunakan Matriks SFAS, IE, dan TOWS. Pendekatan ini bertujuan untuk merumuskan strategi implementatif yang relevan, termasuk Market Penetration dan Product Development, guna meningkatkan daya saing perusahaan di industri perjalanan Umrah. Selain itu, Value Proposition Canvas (VPC) digunakan untuk memperdalam pemahaman terhadap preferensi pelanggan, mendukung relevansi produk, serta memperkuat elemen BMC, seperti nilai proposisi, hubungan pelanggan, dan saluran distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maharewa Travel berada pada kuadran V Matriks IE, mengindikasikan perlunya fokus pada strategi Hold and Maintain. Alternatif strategi juga dirumuskan melalui Matriks TOWS, memanfaatkan peluang pasar Umrah yang besar, khususnya di Makassar dan Gowa. Studi ini memberikan kerangka strategis yang terintegrasi, menegaskan pentingnya VPC dalam menciptakan model bisnis inovatif dan berkelanjutan, sekaligus berkontribusi pada literatur manajemen strategis.

Keyword : Travel Umrah, Business Model Canvas (BMC), Value Proposition Canvas (VPC), Manajemen Strategis, Analisis SWOT, Matriks SFAS, Matriks IE, Matriks TOWS

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Travel Umrah, Business Model Canvas (BMC), Value Proposition Canvas (VPC), Manajemen Strategis, Analisis SWOT, Matriks SFAS, Matriks IE, Matriks TOWS.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:54
Last Modified: 10 Jul 2025 06:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46779

Actions (login required)

View Item
View Item