STRATEGI MARKETING DALAM PENGEMBANGAN CV PUTRA MATARAM DI KAB. POLEWALI MANDAR = MARKETING STRATEGY IN THE DEVELOPMENT OF CV PUTRA MATARAM IN POLEWALI MANDAR REGENCY


A, KARDAWI (2025) STRATEGI MARKETING DALAM PENGEMBANGAN CV PUTRA MATARAM DI KAB. POLEWALI MANDAR = MARKETING STRATEGY IN THE DEVELOPMENT OF CV PUTRA MATARAM IN POLEWALI MANDAR REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012231109-TESIS-COVER.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012231109-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012231109-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012231109-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif dalam pengembangan CV Putra Mataram di Kabupaten Polewali Mandar menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pendekatan ini mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang memengaruhi perusahaan serta menentukan prioritas strategi yang dapat diimplementasikan secara optimal. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa CV Putra Mataram memiliki keunggulan dalam kualitas produk dan promosi digital, namun menghadapi tantangan berupa margin keuntungan yang tipis dan risiko rantai pasokan. Sementara itu, peluang seperti dukungan kebijakan pemerintah terhadap UMKM dan perkembangan e-commerce menjadi aspek yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Melalui analisis SWOT dan QSPM yang nilainya diperoleh melalui penilaian faktor internal dengan Internal Factor Evaluation (IFE) dan faktor eksternal dengan External Factor Evaluation (EFE). Beberapa strategi prioritas berhasil dirumuskan termasuk peningkatan promosi digital melalui platform e-commerce untuk menjangkau pasar lebih luas dengan harga kompetitif medapatkan nilai TAS tertinggi dibandingkan dengan strategi alternatif lainnya sebesar 1,4318, amun tetap membutuhkan juga strategi lain yang berada dibawah nilai strategi ini seperti alternatif strategi dengan nilai TAS terendah sebesar 0,7330 adalah strategi peningkatan kerja sama dengan pemasok untuk meminimalkan risiko rantai pasokan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi CV Putra Mataram dalam merumuskan strategi pemasaran yang adaptif terhadap dinamika pasar serta mendukung pengembangan usaha secara berkelanjutan. Penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi UMKM lain dalam mengelola strategi pemasaran berbasis analisis SWOT dan QSPM untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Keyword : Analisi SWOT, Analisis QSPM, Pengembangan CV Putra Mataram, Strategi Marketing

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: SWOT Analysis, QSPM Analysis, CV Putra Mataram Development, Marketing Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:30
Last Modified: 09 Jul 2025 06:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46738

Actions (login required)

View Item
View Item