PENGEMBANGAN BISNIS MODEL PAKET PETERNAKAN TERPADU : STUDI KASUS PADA “LEMBU ALAM” DI SITUBONDO, JAWA TIMUR = Developing a Business Model for Integrated Livestock Farming Packages: The Case of 'Lembu Alam' in Situbondo, East Java


SUWANTORO, AGUS (2025) PENGEMBANGAN BISNIS MODEL PAKET PETERNAKAN TERPADU : STUDI KASUS PADA “LEMBU ALAM” DI SITUBONDO, JAWA TIMUR = Developing a Business Model for Integrated Livestock Farming Packages: The Case of 'Lembu Alam' in Situbondo, East Java. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222094-TESIS-COVER.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222094-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222094-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222094-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 2 June 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK AGUS SUWANTORO. Pengembangan Bisnis Model Paket Peternakan Terpadu Studi Kasus pada “ Lembu Alam” di Situbondo Jawa Timur. Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan Wardhani Hakim Hakim ). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis model peternakan terpadu Lembu Alam dan strategi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan di Peternakan Lembu Alam Situbondo Jawa Timur dengan metode wawancara langsung kepada satu orang founder, satu orang konseptor, dua pelanggan, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, mencakup analisis SWOT, EFE, IFE, IE, QSPM, BMC, STP dan Bauran Pemasaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa Lembu Alam berada pada kuadran II, atau posisi "grow and build", yang mengindikasikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan eksternal untuk pertumbuhan. Rekomendasi strategi mencakup strategi intensif serta strategi integratif. Berdasarkan formulasi matriks SWOT, terdapat 43 strategi alternatif yang diidentifikasi, dan melalui matriks QSPM, dipilih lima strategi alternatif terbaik, kemudian dengan kerangka BMC ditentukan model bisnis yang tepat yaitu Model Bisnis Paket Peternakan Terpadu dengan paket lahan 1000m2, kandang kapasitas 6 ekor, tiga ekor induk sapi yang dikelola tim lembu alam dengan tenaga kerja petani lokal menggunakan sistem bagi hasil. Selanjutnya dengan analisa strategi pemasaran STP dan Bauran Pemasaran (7P) untuk target market PNS didapatkan empat strategi pemasaran terbaik yang direkomendasikan yaitu penyediaan informasi yang jelas dan transparan terkait manfaat sosial dan keuntungan finansial dari paket investasi, penguatan proposisi nilai melalui jaringan pasar yang luas untuk menjangkau lebih banyak calon investor, edukasi investor melalui media digital yang menjelaskan konsep dan potensi keuntungan sistem peternakan terpadu, pemberian nilai tambah, seperti laporan kinerja periodik dan akses langsung ke peternakan sebagai bentuk transparansi.

Keyword : SWOT, IE, EFE, IFE, QSPM, BMC, STP, Bauran Pemasaran, Bisnis Model.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Business Model.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jul 2025 00:58
Last Modified: 08 Jul 2025 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46633

Actions (login required)

View Item
View Item