IMPLEMENTASI STRATEGI BISNIS GRAB INDONESIA UNTUK PENINGKATAN PELANGGAN DI MAKASSAR = IMPLEMENTATION GRAB INDONESIA'S BUSINESS STRATEGY TO INCREASE CUSTOMERS IN MAKASSAR


FITRIANI, WAHIDA NUR (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI BISNIS GRAB INDONESIA UNTUK PENINGKATAN PELANGGAN DI MAKASSAR = IMPLEMENTATION GRAB INDONESIA'S BUSINESS STRATEGY TO INCREASE CUSTOMERS IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222082-TESIS-COVER.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222082-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222082-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222082-TESIS-FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 June 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis Grab di Makassar dalam meningkatkan jumlah pelanggan serta mengevaluasi efektivitas strategi yang telah diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Grab di Makassar. Penelitian ini juga menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan prioritas strategi yang dapat diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grab memiliki potensi besar dalam memperkuat posisinya di pasar melalui diversifikasi layanan, inovasi teknologi, dan kolaborasi dengan pemerintah. Namun, terdapat tantangan signifikan seperti persaingan ketat dengan kompetitor, biaya operasional tinggi, dan regulasi transportasi online. Berdasarkan hasil QSPM, tiga strategi prioritas yang diusulkan adalah memperluas jangkauan layanan ke wilayah baru, meningkatkan program loyalitas pelanggan melalui inovasi berbasis digital, dan menjalin kemitraan strategis dengan komunitas lokal untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Keyword : Grab, ride-hailing, analisis SWOT, QSPM, strategi bisnis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Grab, Reide-Hailing, SWOT analysis, OSPM, Business strategy.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jul 2025 00:47
Last Modified: 08 Jul 2025 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46627

Actions (login required)

View Item
View Item