Ramdhani Ar, Cahya Aulia (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BPJS KETENAGAKERJAAN MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA LAYANAN JASA ASURANSI = Marketing Communication Strategy of BPJS Ketenagakerjaan Makassar in Increasing the Number of Users of Insurance Services. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46528/1.hassmallThumbnailVersion/E021201093_skripsi_22-02-2024%20Cover1.jpg)

E021201093_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg
Download (248kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201093_skripsi_22-02-2024 Bab 1-2.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201093_skripsi_22-02-2024 Dapus.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Fultext]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201093_skripsi_22-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2026.
Download (10MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Cahya Aulia Ramdhani. A. R. Strategi Komunikasi Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Makassar Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Layanan Jasa Asuransi. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si dan Dr. Sudirman Karnay, M.Si selaku pembimbing II).
Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dapat digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Makassar dalam meningkatkan jumlah pengguna layanan jasa asuransi, 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Makassar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat dan pentingnya asuransi ketenagakerjaan.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar selama 2 bulan yaitu, bulan September-November 2023 dengan menentukan infornan secara purposive sampling sebanyak dua orang berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode kualitatif. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara, serta data sekundernya dikumpulkan melalui referensi buku, jurnal, dan internet terkait dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Makassar, yaitu menggunakan konsep strategi komunikasi pemasaran terintegrasi. Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi disini di tandai dengan terlihatnya strategi komunikasi pemasaran yang ia gunakan. Adapun strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar yaitu, Iklan, Acara dan Pengalaman, Humas dan Publisitas, Pemasaran Interaktif, dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Hal ini karena BPJS Ketenagakerjaan memiliki strategi kunci tersendiri yaitu dengan bekerjasama dan sosialisasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, BPJS Ketenagakerjaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 05:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 05:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46528 |