Arruan, Risky Dewi (2023) Model Pemilihan Moda Transportasi Komuter Antar Kota/Kab. Rute Maros-Makassar Terhadap Rencana Operasi Kereta Api Jalur Maros-Barru. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D012201006_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg]](/46517/1.hassmallThumbnailVersion/D012201006_tesis_28-02-2024%20Cover1.jpg)

D012201006_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg
Download (279kB) | Preview
![[thumbnail of D012201006_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201006_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D012201006_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201006_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf
Download (809kB)
![[thumbnail of D012201006_tesis_28-02-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012201006_tesis_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Transportasi merupakan kebutuhan turunan atau kebutuhan kedua, dalam setiap kegiatan ekonomi di Masyarakat. Transportasi mengakibatkan terjadinya pergerakan antara dua tempat yaitu dari tempat dimana barang atau jasa dibutuhkan ke tempat dimana barang atau jasa tersebut tersedia. Untuk melakukan pergerakan tersebut diperlukan moda transportasi yang dipilih sesuai keingingan pengguna transportasi, baik transportasi pribadi maupun umum. Pemilihan moda transportasi salah satunya jika memilih pemilihan moda transportasi pribadi dapat menyebabkan terjadinya kemacetan. Sehingga perlu kesadaran pengguna transportasi untuk memilih menggunakan transportasi umum salah satunya kereta api.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sedang merencanakan kereta api yang dalam hal ini sedang dalam proses pembuatan dan melewati rute Kabupaten Maros
– Barru. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemilihan moda transportasi bagi perjalanan komuter antar kota atau kabupaten rute Maros-Makassar terhadap rencana operasi kereta api jalur Maros-Barru menggunakan metode multinomial logit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden pengguna moda berusia 18-25 tahun, berjenis kelamin Perempuan, berkerja sebagai pegawai swasta, memiliki Pendidikan terakhir S1, sudah menikah, pendapatan per bulan sebanyak Rp 3.000.0001 – Rp 5.000.000 dengan pengeluaran per bulan 10-20%, melakukan perjalanan setiap hari dan memiliki kendaraan pribadi. Sedangkan hasil pemodelan multinomial logit menggunakan STATA 17, didapatkan baik menggunakan kombinasi variabel alternatif independent maupun tidak, variabel usia (X1), pekerjaan (X3), status perkawinan (X5) dan frekuensi perjalanan (X10) berpengaruh signifikan terhadap preferensi pemilihan moda transportasi. Berdasarkan nilai estimasi probabilitas didapatkan masyarakat terhadap rencana operasi KA jalur Maros-Barru yang bersedia beralih menggunakan KA yaitu: Kereta Api (53,48%), Mobil (44,34%) dan Motor (2,17%).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 00:55 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46517 |