Model Pemilihan Moda Transportasi Komuter Perjalanan Kerja Dalam Wilayah Kab. Pangkep Terhadap Rencana Operasi Kereta Api Jalur Maros-Barru


Putri, Misjevani Resta Ayu (2023) Model Pemilihan Moda Transportasi Komuter Perjalanan Kerja Dalam Wilayah Kab. Pangkep Terhadap Rencana Operasi Kereta Api Jalur Maros-Barru. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D012201005_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
D012201005_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of D012201005_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf] Text
D012201005_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D012201005_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf] Text
D012201005_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D012201005_tesis_28-02-2024.pdf] Text
D012201005_tesis_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Pemilihan moda merupakan aspek mendasar bagi masyarakat saat akan melakukan perjalanan terutama yang melakukan perjalanan kerja secara komuter. Dimana operasi jalur kereta api Maros-Barru dapat menjadi salah satu solusi yang dapat mendukung mobilitas perjalanan kerja masyarakat secara komuter.
Tujuan penelitian ini menganalisis karakteristik pelaku perjalanan komuter perjalanan kerja dalam wilayah Kabupaten Pangkep terhadap rencana operasi kereta api jalur Maros-Barru, menganalisis atribut perjalanan komuter perjalanan kerja dalam wilayah Kabupaten Pangkep terhadap rencana operasi kereta api jalur Maros-Barru, memodelkan pemilihan moda komuter perjalanan kerja dalam wilayah Kabupaten Pangkep terhadap rencana operasi kereta api jalur Maros-Barru. Moda yang ditinjau yaitu motor, mobil, angkutan kota dan kereta api. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan atribut kusioner dan wawancara pada responden. Metode pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan program STATA dengan pendekatan model conditional logit.
Hasil analisis karakteristik pelaku perjalanan komuter dalam wilayah Kabupaten Pangkep menunjukkan bahwa karakteristik pelaku perjalanan dalam wilayah Kabupaten Pangkep didominasi oleh responden perempuan, rentang usia antara 31-40 tahun, tujuan perjalanan untuk belanja, rekan perjalanan teman/kolega, memiliki pekerjaan usaha dagang/wirausaha, dengan pendidikan terakhir S1/D4, memiliki pengahsilan antara 3-5 juta/bulan dan frekuensi perjalanan 2 kali/bulan. Hasil analisis atribut moda perjalanan menunjukkan bahwa atribut waktu dan biaya perjalanan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan moda komuter perjalanan kerja dalan wilayah Kabupaten Pangkep dengan ciri pengguna jalan dan ciri pergerakan yang juga berpengaruh signifikan yaitu jumlah mobil yang dimiliki, jumlah motor yang dimiliki, dan kendaraan harian yang digunakan oleh responden. Hasil uji sensitivitas berdasarkan model preferensi pemilihan moda menggunakan pendekatan conditional logit untuk komuter perjalanan kerja dalam wilayah Kabupaten Pangkep menunjukkan bahwa semakin cepat waktu dan semakin murah biaya perjalanan yang ditawarkan maka perpindahan moda dari moda eksisting (motor, mobil, angkutan kota) ke moda kereta api akan semakin tinggi ataupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Jul 2025 00:51
Last Modified: 11 Jul 2025 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46514

Actions (login required)

View Item
View Item