ANALISIS BUDAYA KERJA DAN KINERJA DOSEN SEBAGAI IMPLIKASI DARI HUMAN FACTORS AGILITY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA LLDIKTI WILAYAH IX SULTANBATARA = ANALISIS BUDAYA KERJA DAN KINERJA DOSEN SEBAGAI IMPLIKASI DARI HUMAN FACTORS AGILITY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA LLDIKTI WILAYAH IX SULTANBATARA


MEGAWATY, MEGAWATY (2023) ANALISIS BUDAYA KERJA DAN KINERJA DOSEN SEBAGAI IMPLIKASI DARI HUMAN FACTORS AGILITY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA LLDIKTI WILAYAH IX SULTANBATARA = ANALISIS BUDAYA KERJA DAN KINERJA DOSEN SEBAGAI IMPLIKASI DARI HUMAN FACTORS AGILITY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA LLDIKTI WILAYAH IX SULTANBATARA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A033202006_disertasi_29-02-2024 Cover1.jpg

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033202006_disertasi_29-02-2024 Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033202006_disertasi_29-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (771kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033202006_disertasi_29-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Megawaty. Analisis Budaya Kerja dan Kinerja dosen sebagai implikasi dari Human Factors Agility pada Perguruan Tinggi Swasta LLDikti Wilayah IX Sultanbatara (dibimbing oleh Djabir Hamzah, Andi Reni dan Muhammad Toaha). Masa depan yang tidak bisa diprediksi kemudian mengakibatkan langkah yang diambil cenderung berbentuk jangka pendek. Hal ini kemudian menciptakan keadaan dimana SDM bisa bergerak dan beradaptasi secara lebih leluasa mengikuti perkembangan terbaru. Agility adalah sebuah keadaan di mana individu terbuka untuk mencari pengetahuan dan pengembangan diri, memiliki kemampuan pemecahan masalah, nyaman terhadap pengalaman, teknologi, dan ide-ide baru, serta selalu siap menerima tanggung jawab baru. Jika dilihat dari perspekstif human resources di perguruan tinggi swasta, maka agility harus dimiliki oleh sumber daya manusia dalam hal ini dosen sebagai kunci dari proses pembelajaran yang dapat menghasilkan next generation yang super lincah dan kompetitif di segala bidang kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh human factors agility baik secara langsung terhadap kinerja dosen maupun tidak langsung melalui budaya kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat analisis yaitu Structure Equation Modeling (SEM) %u2013 SmartPLS 4.0. Adapun hasil penelitian ini menemukan bahwa Human Factors Agility (Kemampuan Diri, Empowered, Motivasi dan Teamwork) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Budaya Kerja, sedangkan Human Factors Agility (Kepemimpinan dan Kepribadian) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap budaya kerja. Human Factors Agility (Empowered dan Teamwork) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, sedangkan Human Factors Agility (Kepemimpinan, Kepribadian, Kemampuan diri dan Motivasi) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta LLDikti Wilayah IX Sultanbatara. Budaya Kerja berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta LLDikti Wilayah IX Sultanbatara. Human Factors Agility (Kemampuan Diri, Empowered, Motivasi dan Teamwork) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja melalui Budaya Kerja, sedangkan Human Factors Agility (Kepemimpinan dan Kepribadian) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja melalui Budaya Kerja pada Perguruan Tinggi Swasta LLDikti Wilayah IX Sultanbatara.

Keyword : Agile; Budaya Kerja; Kinerja; dan Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Agile, Work Culture, Performance, Human resource.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 11 Jul 2025 00:18
Last Modified: 11 Jul 2025 00:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46478

Actions (login required)

View Item
View Item