Imaduddien, Mohammad (2023) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL PEMBANGUNAN JALAN AKSES TOL MAKASSAR NEW PORT (MNP). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D012192018_tesis_29-02-2024 Cover1.jpg]](/46467/1.hassmallThumbnailVersion/D012192018_tesis_29-02-2024%20Cover1.jpg)

D012192018_tesis_29-02-2024 Cover1.jpg
Download (257kB) | Preview
![[thumbnail of D012192018_tesis_29-02-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012192018_tesis_29-02-2024 bab1-2.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of D012192018_tesis_29-02-2024 Dapus.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012192018_tesis_29-02-2024 Dapus.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of D012192018_tesis_29-02-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D012192018_tesis_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK Mohammad Imaduddien. Analisis Kelayakan Ekonomi dan Finansial Pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) (dibimbing oleh M. Asad Abdurrahman, Rosmariani Arifuddin) Akses jalan tol menuju Makassar New Port merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Usaha Jalan Tol. Dari permasalahan kemacetan yang terjadi pada jalur arteri yang melewati pemukiman padat penduduk dan pasar, tentu menimbulkan berbagai dampak negatif. Untuk menghindari adanya penanaman modal yang terlalu besar dalam pembangunan proyek ini, maka perlu dilakukannya studi tentang kelayakan dari proyek jalan tol ini. Pertimbangan ekonomi dan finansial dibutuhkan sebagai acuan investor dalam investasi agar jalan tol ini merupakan perencanaan yang efisien. Berdasarkan analisa kinerja ruas jalan untuk kondisi ruas jalan eksisting sebelum adanya pembangunan jalan tol layang didapatkan tingkat pelayanan jalan adalah D. Kemudian setelah adanya pembangunan jalan tol layang maka tingkat pelayanan jalan naik menjadi C. Hasil analisis kelayakan ekonomi dari penghematan manfaat nilai penghematan waktu penduduk, peningkatan nilai ekonomi, dan penghematan nilai BOK saat beroperasinya Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) untuk kondisi selama umur ekonomis jalan tol tersebut didapatkan nilai pada discount rate 10% yaitu Benefit Cost Rasio (BCR) 2,005 > 1, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 853.995.601.771 > 0, dan Internal Rate of Return (IRR) 11% > 10%. Sedangkan dari hasil analisis kelayakan finansial dari nilai pendapatan tarif tol untuk kondisi optimis selama umur ekonomis jalan tol tersebut dan nilai biaya proyek yang meliputi biaya konstruksi dan biaya pemeliharaan. didapatkan nilai pada discount rate 10% yaitu Benefit Cost Rasio (BCR) 2,621 > 1, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 2.452.221.435.618 > 0, dan Internal Rate of Return (IRR) 17% > 10%, Dari hasil perhitungan didapatkan waktu pengembalian Investasi (Payback Period) selama 6 Tahun. Berdasarkan Analisa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) dikatakan “LAYAK” secara ekonomi dan finansial.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 00:08 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 00:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46467 |