SUCHIADY, RAYNALDY WISELY (2024) RANCANG BANGUN MODUL AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN META SPARK STUDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH AUGMENTED REALITY=Design and Development of an Augmented Reality Module Using Meta Spark Studio as a Learning Medium for the Augmented Reality Course. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR.
![[thumbnail of cover]](/46361/1.hassmallThumbnailVersion/D121201044_skripsi_05-08-2024%20cover1.jpg)

D121201044_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg
Download (278kB) | Preview
![[thumbnail of bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201044_skripsi_05-08-2024 bab I-II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201044_skripsi_05-08-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of full text]](/style/images/fileicons/text.png)
D121201044_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
RAYNALDY WISELY SUCHIADY. Rancang Bangun Modul Augmented Reality Menggunakan Meta Spark Studio Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Augmented Reality (dibimbing oleh Ingrid Nurtanio) Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan konten digital dengan dunia nyata secara real-time, memberikan pengalaman visual yang interaktif dan mendalam bagi pengguna. Teknologi AR telah berkembang pesat dan dianggap sebagai salah satu pilar revolusi industri 4.0. Dengan potensi yang besar dalam berbagai sektor, teknologi ini terus diperbarui untuk meningkatkan fungsionalitas dan penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan modul pembelajaran Augmented Reality menggunakan Meta Spark Studio. Modul ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemahiran mahasiswa dalam membuat proyek AR sederhana baik kategori Marker-based maupun Markerless. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode Patching dan Scripting dalam pengembangan proyek AR menggunakan algoritma A/B testing. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan modul yang terdiri dari beberapa tahapan: pemilihan judul modul, pembuatan proyek, import aset 2D/3D, patching dan/atau scripting, pembuatan modul pembelajaran, dan uji kelayakan modul. Uji kelayakan dilakukan terhadap 10 mahasiswa Teknik Informatika Universitas Hasanuddin yang mengambil mata kuliah Augmented Reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran AR Meta Spark Studio sangat layak digunakan dengan nilai validitas keseluruhan sebesar 94,55%. Selain itu, metode Patching lebih disukai oleh mahasiswa dibandingkan metode Scripting karena lebih mudah dipahami dan digunakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Patching adalah metode yang lebih efektif dalam pengembangan proyek AR menggunakan Meta Spark Studio.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Meta Spark Studio, modul pembelajaran, Patching, Scripting |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46361 |