Pengaruh Air Laut Terhadap Kinerja Campuran Beraspal Berbahan Slag Nikel=The Effect of Sea Water on the Performance of Nickel Slag Asphalt Mixtures


Putra, Nabil Rafif (2024) Pengaruh Air Laut Terhadap Kinerja Campuran Beraspal Berbahan Slag Nikel=The Effect of Sea Water on the Performance of Nickel Slag Asphalt Mixtures. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D011201015_skripsi_02-01-2025 cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D011201015_skripsi_02-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
D011201015_skripsi_02-01-2025 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D011201015_skripsi_02-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 October 2027.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tentu memiliki banyak sekali wilayah yang terletak di pesisir. Tentu hal ini memberikan keunggulan tersendiri kepada kita rakyat Indonesia. Potensi-potensi alam yang terkandung pada wilayah ini memiliki nilai tersendiri yang cukup unggul apabila dimanfaatkan dengan baik. Namun, wilayah pesisir ini memiliki karakteristik berbeda dengan wilayah lain. Fenomena kenaikan muka air laut adalah salah satu fenomena yang menjadi ciri khas dari wilayah pesisir ini. Tentu hal ini rentan menimbulkan kerugian tak terkecuali di bidang infrastruktur, khususnya jalan. Penelitian ini ditujukan khusus untuk menganalisis karakteristik campuran beraspal yang menggunakan bahan slag nikel untuk substitusi agregat kasarnya yang terpengaruh oleh tingkat salinitas air laut di wilayah pesisir. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dimana peneliti akan membuat rancangan campuran beraspal dengan menggunakan metode coba-coba untuk membuat sampel uji Marshall campuran beraspal. Variabel yang digunakan untuk menganalisis karakteristik dan kinerja dari campuran beraspal berbahan slag nikel ini adalah dengan mensubstitusi slag nikel dengan variasi sebesar 25%, 50%, dan 75% terhadap agregat kasar. Sedangkan untuk variabel perendaman dilakukan perendaman dengan menggunakan air laut dengan variasi waktu selama 0,5 jam, 24 jam (satu hari), dan 168 jam (1 pekan) untuk setiap variasi slag nikel dengan kadar aspal yang telah ditentukan. Selama proses penelitian, peneliti berpedoman pada ketetapan-ketetapan yang telah ada, seperti Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan 2018 (Revisi 2), SNI, ASTM, AASHTO, dan literatur yang berkaitan lainnya. Nilai Indeks Kekuatan Sisa yang diperoleh untuk benda uji yang tidak disubstitusi menggunakan slag nikel dan menggunakan perendaman air tawar memenuhi persyaratan minimum nilai IKS dari spesfikasi yakni sebesar 90% setelah perendaman 24 jam dengan suhu 60ºC dengan nilai sebesar 91,383% dengan nilai stabilitas yang memenuhi persyaratan minimum 800 kg. Sedangkan benda uji yang disubstitusi menggunakan slag nikel sebesar 25% menghasilkan nilai IKS 87,872% dan benda uji yang disubstitusi slag nikel sebesar 50% menghasilkan nilai IKS 86,636%, masing-masing dengan nilai stabilitas yang berada jauh di bawah nilai minimum sebesar 800 kg, yakni berkisar antara 200 – 400 kg. Sedangkan untuk nilai IKS yang dihasilkan oleh benda uji yang dipengaruhi air laut terlihat menghasilkan nilai yang jauh lebih stabil dibandingkan benda uji yang tidak dipengaruhi air laut. Namun nilai stabilitas yang dihasilkan berada cukup jauh di bawah nilai standar yakni berkirsar pada angka 100 – 500 kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Uji Marshall, slag nikel, durasi perendaman, IKS, Stabilitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 10 Jul 2025 00:24
Last Modified: 10 Jul 2025 00:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46318

Actions (login required)

View Item
View Item